Warga Sambut Hari Kemerdekaan dengan Kerja Bakti dan Lomba

MALANG — Beberapa hari menjelang peringatan hari kemerdekaan Indonesia yang ke-70, sejumlah warga di RW 9 kelurahan Sawojajar Kota Malang terlihat mulai mepercantik lingkungannya. 
Berdasarkan pantauan Cendana News, para warga terlihat sangat antusias mengikuti kerja bakti untuk mempercantik lingkungannya. Beberapa warga terlihat sedang mengecat bak sampah, jalan, dan juga tiang bendera. Selain itu terlihat pula para warga yang sedang bekerjasama untuk bisa memasang umbul-umbul di kanan kiri jalan depan rumah warga.
Agus Sukamto, Ketua RW 9 mengaku bahwa kerja bakti mempercantik lingkungan sudah menjadi tradisi bagi warga setempat dalam menyambut hari kemerdekaan Republik Indonesia. 
“Dimulai dari kerja bakti membersihkan rumahnya masing-masing kemudian dilanjutkan dengan mempercantik lingkungan termasuk didalamnya melakukan pengecatan dan juga pemasangan umbul-umbul,” jelasnya di Malang, Senin (10/08/2015). 
Namun begitu menurutnya, pelaksanaan kerja bakti ini tergantung RT masing-masing akan dilaksanakan kapan. Tetapi kebanyakan para warga biasanya melakukan kerja bakti pada hari libur atau malam hari.
Tidak hanya sekedar untuk mempercantik lingkungan, tetapi nanti juga akan di nilai. Karena keindahan, kerapian dan ketertiban lingkungan tiap-tiap RT merupakan salah satu jenis lomba yang diadakan dalam rangka merayakan hari kemerdekaan Indonesia.
Selain kegiatan kerja bakti dan lomba kebersihan lingkungan, juga diadakan lomba-lomba yang lain diantaranya tenis meja, bulu tangkis, catur, voli, dan juga lomba merangkai bunga bagi Ibu-ibu. Selain lomba, nanti juga akan ada barik’an atau selamatan nasi kuning pada tanggal 16 Agustus serta jalan sehat dan juga bazar pada tanggal 23 Agustus.
Agus selaku ketua RW mengaku sangat mengapresiasi keaktifan dan keikutsertaan seluruh warganya di dalam mengikuti perlombaan maupun kegiatan-kegiatan lainnya dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia.

SENIN, 10 Agustus 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...