Wow, Istana habiskan Rp.11,5M untuk HUT kemerdekaan

JAKARTA — Direktur Centre for Budget Analisys (CBA), Uchok Khadafi mengatakan, anggaran perayaan 17 Agustus yang di laksanakan di Istana Merdeka mencapai Rp11,5 millar. Anggaran tersebut dianggap tidak lumrah terutama bagian biaya pembuatan souvenir senilai Rp.1,8 milliar.
“Ini mungkin, souvenir yang diberikan pihak kepresidenan itu, isinya emas,” Kata Uchok di Jakarta, Senin (17/08/2015).
Menurutnya, diduga adanya potensi kerugian negara sebesar Rp.473,314,720. Hal tersebut dikarenakan panitia lelang memenangkan perusahaan yang penawarannya lebih tinggi. Selain itu, adanya dua perusahaan besar yang memenangkan dua pengadaan untuk acara Dirgahayu Republik Indonesia masa pemerintahan jokowi-Jk yang digelar di Istana Presiden.

Dia menjelaskan dua perusahaan yang menang lelang sekaligus itu janggal.

“Satu perusahaan yang menang di dua lelang adalah pemasangan dan bongkar tenda dengan nilai Rp.875 juta dan Rp.2,5 miliar,”sebutnya.
Satu perusahaan lagi, sambung ucok, dalam lelang penyiapan pakaian senilai Rp1,1 miliar dan pengadaan souvenir senila Rp1,8 miliar.
“Secara pribadi menurut saya, ini sangat  memprihatinkan, untuk perayaan Kemerdekaan Negara yang menghabiskan dana miliaran rupiah. Tapi adakah perhatian bagi para veteran-veteran kemerdekaan itu sendiri,”sebutnya.
SENIN, 17 Agustus 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...