2000 Pohon Cengkeh di Gunung Empung Lokon Hangus Terbakar

Seorang petugas sedang memadamkam api
MANADO — Kebakaran hutan lindung yang sudah memasuki hari ke tujuh di gunung Lokon Tomohon, Sulawesi Utara, terus meluas. Awalnya hanya terdapat tiga titik kini terus bertambah menjadi 5 titik api, sehingga menyebabkan pohon cengkeh yang berada di sekitar Gunung Empung Lokon Tomohon hangus terbakar.
Pantauan Cendana News Rabu (30/09/2015) siang di lokasi kebakaran hutan di kota Tomohon terlihat semakin meluas. Titik api yang berada di gunung Empung Lokon kini semakin melebar ke ribuan pohon cengkeh milik warga Tomohon, yang tidak jauh dari pemukiman warga. 
Data yang diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Tomohon, tercatat ada lebih dari 2000 pohon Cengkeh di perkebunan warga Tinoor hangus terbakar, sehingga tak bisa diselamatkan.
Menurut Jonly Demus, salah satu warga Tinoor yang ditemui di lokasi kebakaran, sulitnya melalui medan menyulitkan tim pemadam untuk memadamkan api, sehingga petugas hanya bisa mencegah api agar tidak terus meluas. 
“petugas pemadam kebakaran berusaha membersihkan daun kering dan ranting yang ada disekitar gunung Lokon, agar tidak menjadi tempat penyebaran api di perkebunan”. Ujar Jonly di lokasi perkebunan gunung Empung Tomohon.
Sementara itu Sekretaris Satuan Polisi Pamong Praja (Pol PP) kota Tomohon Meidy Pandey menegaskan, hingga saat ini nilai kerugian akibat kebakaran ribuan pohon Cengkeh di perkebunan warga akibat kebakaran hutan, belum dapat dipastikan, namun kami perkirakan nilainya bisa mencapai Rp 20 milliar.
“Dari pengamatan kerugian bisa diperkirakan lebih dari Rp 20 milliar, dan ini bisa bertambah dibandingkan dengan harga cengke yang sudah siap panen namun sudah hangus terbakar”, katanya.
Kebakaran di kebun cengkeh
RABU, 30 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...