675 Ekor Hewan Kurban Disembelih Pada Perayaan Idul Adha Di Manado

Daging hewan kurban
MANADO — Sebanyak 675 ekor hewan kurban pada tahun 2015 ini, disembelih pada saat pelaksaan perayaan Idhul Adha di Manado, Sulawesi Utara. Jumlah ini menurun dibandingkan dengan tahun 2014 lalu, yang bisa mencapai lebih dari 800 ekor hewan kurban.
Menurut Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulut, KH, Abdul Wahab, Abdul Gafur, LC ketika ditemui Cendana News pada Kamis (24/09/2015) siang di lokasi pemotongan hewan kurban, untuk tahun ini ada sebanyak 675 ekor hewan kurban yang akan dipotong pada hari raya Idul Adha, dan jumlah hewan kurban itu tersebar diseluruh masjid dan tempat ibadah, yang ada di Manado. Menurut Ustad Wahab,  jumlah hewan kurban sebanyak 675 ekor itu, sudah termasuk kambing, yang jumlahnya tidak lebih dari seratus ekor.
Sementara itu pantauan Cendana News di beberapa lokasi pemotongan hewan, seperti di masjid Lapangan Ketang Baru, dan masjid Jami Aziddin Malalayang, panitia pemotongan hewan sejak pukul 10.00 Wita sudah mulai sibuk melakukan pemotongan hewan kurban, dan setiap masjid yang menjadi tempat penyembeli hewan kurban, rata rata memotong hewan kurban sebanyak 10 ekor Sapi hingga 25 ekor Sapi, belum termasuk kambing.
Panitia yang ditemui dilokasi pemotongan hewan kurban mengatakan, sapi-sapi yang dipotong ini diperoleh dari pemerintah daerah, tokoh masyarakat dan tokoh agama,  serta beberapa calon kepala daerah dan pengusaha yang memiliki kelebihan, sehingga memberi hewan kurban kepada umat muslim yang merayakan Hari Raya Idul Adha. 
“Sapi ini kita tampung dulu sebelum dipotong, nanti pas hari ini di hari raya Idul Adha baru kita potong seluruhnya, dan setelah dipotong-potong,  daging hewan kurban ini akan dibagikan kepada seluruh warga, dan kita prioritaskan bagi kaum duafa dan fakir miskin, yang jumlahnya kita bagikan sama banyak”. Ujar Adam, Imam Jami Aziddin Malalayang.
Hewan Kurban

KAMIS, 24 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...