AJI Manado akan Selenggarakan Jurnalisme Lingkungan

MANADO — Mewujudkan cinta lingkungan melalui tulisan dan informasi, personil dan pengurus Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado, akan menggelar “Jurnalisme Lingkungan”. Kegiatan ini akan dilakukan selama enam bulan kedepan dengan melibatkan pengurus dan personil AJI dengan melibatkan insan pers lainna.
Ketua AJI Manado, Yoseph E Ikanubun mengatakan, Jurnalisme Lingkungan ini akan diikuti seluruh personil dan pengurus AJI Manado yang berjumlah 41 orang dengan menggelar berbagai kegiatan, diantaranya Training Jurnalis yang rencananya dimulai pada akhir bulan September. 
Dikatakan, setelah itu, mereka akan mengikuti Fellowship dengan melakukan kegiatan Tour ke beberapa Kabupaten yang terkait dengan kasus lingkungan, dan saat melakukan Fellowship, para Jurnalis nantinya akan melakukan kampaye cinta lingkungan.
Diakhir fellowship Jurnalis akan dituntut untuk bisa membuat tulisan dan liputan tentang Lingkungan yang akan di publis ke masyarakat melalui media massa. 
“Kami peduli terhadap lingkungan, karena itu kami akan menggelar jurnalisme lingkungan bagi para jurnalis, agar mereka tahu menjaga lingkungan,” kata Ikanubun.
Ikanubun yang didampingi sejumlah pengurus AJI Manado lainnya juga mengatakan, Jurnalisme Lingkungan ini akan dilakukan hingga awal tahun depan. Selain pesertanya dari Jurnalis, kegiatan ini juga melibatkan Akademisi dan NGO atau LSM pencinta lingkungan, terutama mereka yang peduli terhadap permasalahan lingkungan di Indonesia, dan plafonnya sejalan dengan AD/ART AJI. 
“Kita akan melibatkan NGO atau LSM dari luar untuk membantu dalam Jurnalisme Lingkungan ini, agar bisa menambah pengalaman dan wawasan para jurnalis yang ada di Sulawesi Utara” ungkap Ikanunun.
Menurut Ikanunun, Jurnlisme Lingkungan ini merupakan program yang waktunya paling lama dilakukan oleh AJI Manado, sejak AJI Manado berganti  pengurus, lima tahun lalu. Oleh karena itu kami meminta dukungan dari masyarakat, yang nanti kami akan temui di lapangan untuk bisa membantu para Jurnalis yang terlibat, agar bersama mencintai lingkungan, sehingga terhindar dari kerusakan. 
KAMIS, 10 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...