Akhir Liburan Arus Penyeberangan Bakauheni Meningkat

Antrian mobil sebelum memasuki kapal
LAMPUNG — Berakhirnya masa liburan Idul Adha 1436 Hijriyah/2015 Masehi terjadi peningkatan arus di pelabuhan Bakauheni Lampung Selatan. Hal tersebut diketahui dari peningkatan jumlah tiket yang dijual untuk penumpang pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor.
Kepala Cabang PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (PT ASDP Indonesia Ferry) Bakauheni , Tommy L.Kaunang mengakui, terjadinya peningkatan, dan itu merupakan hal yang wajar, karena Pelabuhan Bakauheni merupakan alternatif jalur transportasi menuju Pulau Jawa dan sebaliknya, disamping melalui jalur udara melalui Bandara Raden Inten II di Natar. 
Ia mengungkapkan ada peningkatan sekitar 50 persen dibanding hari biasa dalam hal jumlah penumpang berbagai jenis mulai dari pejalan kaki hingga di dalam kendaraan.
“Liburan akhir pekan dan juga Idul Adha dimanfaatkan para pekerja di Pulau Jawa asal Sumatera untuk pulang liburan bersama keluarga kemudian kembali ke Jawa karena Senin sudah masuk kerja, ada sekitar 50 persen kenaikan dibanding hari biasa,”ungkap Tommy L.Kaunang saat dikonfirmasi Cendana News, Minggu (27/09/2015).
Meskipun kepadatan penumpang sudah terjadi sejak kemarin, namun hari ini diprediksi menjadi puncaknya arus balik, tepatnya pada sore dan malam hari. Dan lonjakan penumpang masih dapat dilayani dengan jumlah kapal yang beroperasi di Selat Sunda pada kisaran 22 hingga 27 kapal Roll on Roll Off (Roro) dengan rata rata 89-90 trip kapal perhari.
Tommy mengungkapkan, dalam situasi normal, pelabuhan Bakauheni menyeberangkan rata rata 200 bus per hari dan dalam sepekan terakhir meningkat mencapai 345 bus perhari. Sejak hari Jumat bahkan kenaikan terasa dalam 12 jam jumlah kendaraan bus dan kendaraan pribadi rata rata di atas angka 300 unit.
Untuk melayani lonjakan, penyeberangan kendaraan jenis truk dikurangi, dari sebelumnya 3000 per hari menjadi 2.700 truk.
“Untuk memberi prioritas pada kendaraan pribadi dan bus pengangkut penumpang,”sebutnya. 
Sementara itu rata-rata jumlah penumpang pejalan kaki yang menyeberang ke Merak, Banten sekitar 3.500-4.000 orang per hari dan kendaraan jenis motor 400 unit perhari,
Lebih lanjut Tommy L Kaunang menjelaskan angkutan liburan merupakan salah satu momen yang menjadi kesempatan bagi PT ASDP untuk meningkatkan pelayanan. Terutama pada saat beberapa hari ke depan menjelang HUT ke-70, TNI akan mengadakan latihan perang di perairan Selat Sunda. Akibatnya pola penyeberangan mengalami penyesuaian dengan beroperasinya sebanyak 2 dermaga saja di pelabuhan Merak pada jam jam tertentu dari pukul 08:00 WIB hingga pukul 12:00 WIB.
“Dampaknya memang tidak begitu terasa karena Pelabuhan Bakauheni tetap mengoperasikan 5 dermaga namun waktu untuk bongkar muat kapal menyesuaikan namun jumlah kapal bisa dikurangi hingga 17 kapal Roro saat latihan perang TNI di Selat Sunda pada jam tertentu,”ungkap Tommy L.Kaunang.
Upaya memberikan kenyamanan kepada para penumpang kapal pun terus dilakukan oleh PT ASDP dengan akan memberlakukan fasilitas e-ticketing di pintu masuk menggunakan sistem bar gate. Sistem tersebut memungkinkan pengguna jasa pelayaran dengan kapal bisa membeli tiket elektronik dan golongan kendaraan berdasarkan ukuran panjang kendaraan bisa terpantau secara elektronik.
“Jadi nanti kendaraan ukuran tertentu terbaca secara elektronik dan jika ukurannya tidak sesuai maka toll gate tidak akan terbuka dan harus berpindah ke toll gate yang sesuai dengan ukuran kendaraan,”ungkap Tommy.
Selain itu peningkatan lain pun dilakukan diantaranya peningkatan efektifitas manajemen ship traffic control (STC) dan port traffic control (PTC), agar trip kapal dan keamanan kapal yang beroperasi bisa maksimal. Selain itu penyempurnaan sistem E-Ticketing dan masih banyak lagi. Di pelabuhan-pelabuhan, ASDP juga melakukan peningkatan prasarana dengan penataan pelabuhan – pelabuhan penyeberangan salah satunya di Bakauheni.
Kendaraan sedang memasuki kapal

MINGGU, 27 September 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...