Akibat Kabut Asap, Beberapa Penerbangan di Kalimantan Delay

Kabut asap di Berau[ist]

BALIKPAPAN — Akibat kabut asap yang melanda beberapa daerah di Kalimantan menyebabkan penerbangan pesawat Garuda Indonesia pukul 06.15 WITA Balikpapan dengan tujuan – Palangkaraya – Pontianak Delay dan hingga kini belum diketahui kepastian berangkat.

“Ada masalah weather kabut asap. Kita belum umumkan karena belum ada estimasi dari sana,” kata Manager Operasional Garuda Indonesia Cabang Balikpapan Wahyu.

Ia menjelaskan, maskapai sendiri sudah siap berangkat namun karena ada informasi kabut asap dan jarak pandang yang belum aman, sehingga pesawat belum dapat diberangkatkan.  Dan dengan terpaksa penumpang menanti lebih lama duduk di ruang tunggu. “Kalau alasan alam kita tidak berikan kompensasi. Tapi pesawat sudah siap semua,” tambahnya, Selasa (01/09/2015).
Di kesempatan yang sama, salah seorang penumpang Garuda Indonesia tujuan Pontianak, Adam (33) sudah menunggu di bandara sejak pukul 03.30 WITA. “Tidak ada pengumuman. Saya menunggu saja. Saya berangkat dari Tenggarong jam 01 pagi tiba jam 03.30,” ujar Adam bekerja di Tenggarong sejak 8 bulan ini.
Adam ke Pontianak untuk mengunjungi keluarga dan cuti 3 hari namun karena Delay dengan terpaksa ia harus menggu di Bandara.
Sementara itu, Humas PT Angkasa Pura I Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, Awalludin mengungkapkan, akibat cuaca buruk yakni kabut asap sejak kemarin (31/8) ada beberapa penerbangan yang mengalami keterlambatan keberangkatan atau Delay. 
Berdasarkan data yang dihimpun Angkasa Pura I Bandar Udara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, penerbangan yang delay akibat kabut asap diantaranya tanggal 31/8/2015 Balikpapan – Palangkaraya  (GA7522) scedule berangkat pukul 06.15 WITA Delay selama 4 jam dan berangkat pukul 10.30 wita. Rute Balikpapan – Berau (SJ232) scedule berangkat pukul 18.30 wita delay hampir dua jam dan berangkat pukul 20.14 WITA. 
Sementara untu, hari ini, tujuan Balikpapan – Palangkaraya berangkat 06.15 WITA namun untuk keberangkatan  diinformasikan belum clearen dari bandara tujuan sehingga sampai berita ini diturunkan belum berangkat.

Suasana di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan

SELASA, 1 SEPTEMBER 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...