Aktivis Tuding Maraknya Pembalakan Liar Karena Ada yang Beking

MATARAM — Aktivis Gerakan Masyarakat Peduli Lingkungan Nusa Tenggara Barat, Juaini mengatakan, maraknya aksi pembalakan liar yang dilakukan warga di sejumlah hutan negara di Nusa Tenggara Barat selama ini tidak mungkin berani dilakukan warga seorang diri, tapi pasti ada pihak lain yang ikut membekingi.
Siapa saja pihak yang dituding membekingi warga melakukan pembalakan liar, Juaini enggan untuk menyebutkan secara jelas, dirinya beralasan, karena pihaknya sampai sekarang bersama WWF masih melakukan proses investigasi.
“Saat ini, kami belum bisa menyebutkan siapa dan pihak mana yang membekingi warga melakukan pembalakan liar, karena masih dalam proses investigasi, nanti kalau sudah ada hasil baru akan diberitahukan termasuk direkomendasikan kepada Pemda NTB maupun aparat penegak hukum untuk ditindak dan diproses secara hukum, karena sudah masuk ranah pidana,” kata Juaini di Mataram, Sabtu (19/9/2015).
Juaini juga meminta kepada aparat hukum untuk menindak tegas para pelaku pembalakan liar yang menyebabkan kerusakan kawasan hutan, khususnya huta Rinjani yang merupakan sumber penghidupan jutaan masyarakat Pulau Lombok.
“Terkadang saya tidak bisa membayangkan, kalau rinjani yang merupakan sumber mata air penghidupan rusak parah, bagaimana dengan nasib jutaan masyarakat kita, sekarang saja kekeringan melanda di mana – mana dan bisa dilihat sendiri bagaiman kesusahan yang dirasakan warga akibat kekeringan tersebut,” ungkapnya.
SABTU, 19 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...