Atasi Kemacetan, Dishub Manggarai Akui Perlu Bangun Terminal Kota

Kondisi parkir di ruas jalan di Kota Ruteng
FLORES — Dinas Perhubungan, Informatika dan Komunikasi (Dishubinfokom) Kabupaten Manggarai, Flores, NTT mengakui untuk menekan trend parkir pada badan jalan yang bisa menyebabkan timbulnya kemacetan lalu lintas di ibukota Kabupaten Manggarai perlu dibangun terminal di pusat Kota Ruteng.
Kepala Dishubinfokom Kabupaten Manggarai, Apri Laturake kepada Cendana News mengatakan, pembangunan terminal di dalam wilayah Kota Ruteng merupakan hal yang sangat perlu diperhatikan. Dengan demikian, tidak ada lagi penyempitan ruas jalan akibat pemarkiran kendaraan yang terkonsentrasi pada titik ruas tertentu.
Kepala Dishubinfokom Kabupaten Manggarai, Apri Laturake
“Bangun terminal kota itu sangat perlu, pak. Harus ada sebenarnya. Kalau tidak begitu, terpaksa kita siasati pengaturan parkir mobil itu dengan menggunakaan ruas jalan di sejumlah titik tertentu. Setiap hari petugas kita selalu turun ke lokasi untuk mengatur parkir ini,” ungkap Laturake di ruang kerjanya, Senin (28/09/2015).
Dirinya mengakui, rencana pembangunan Terminal di pusat Kota Ruteng selalu menjadi perhatian pihaknya pada saat mengikuti rapat penyusunan Anggaran tahunan. “Rencana pembangunan Terminal Kota Ruteng itu kami selalu sampaikan saat rapat-rapat penyusunan Anggaran. Tapi memang sejauh ini belum ada realisasi karena mungkin ada pembangunan pada bagian lain yang masih lebih mendesak,” ujarnya.
Pantauan Cendana News, sejumlah titik ruas jalan di Kota Ruteng tampak masih dilegalisasi sebagai tempat pemarkiran kendaraan. Hal tersebut terbukti dengan dipasangnya rambu lalu lintas “P” berwarna biru di area-area tersebut. Juga sejumlah pegawai dari lingkungan Dishubinfokom setempat terlihat rutin berjibaku mengatur parkir.
Pemandangan seperti ini antara lain terlihat di ruas jalan depan Pasar Puni dan sentra pertokoan. Ruas jalan area Pasar Puni merupakan tempat parkir kendaraan umum dari wilayah Iteng dan sekitarnya di Kecamatan Satarmese. Sedangkan titik parkir di area pusat pertokoan merupakan ruang perhentian sementara bagi kendaraan umum dari arah Reo dan sekitarnya di bagian utara Kabupaten Manggarai.
Tren parkir di ruas jalan bahkan terlihat menjadi-jadi pula hingga di sejumlah titik terlarang. Hal tersebut seperti yang terjadi di are sekitar Toko Pacific Motor. Tampak kendaraan-kendaraan umum dari arah Terminal Mena berparkir ria di lokasi ini meskipun rambu larangan parkir sudah terpasang di tempat tersebut.
Kondisi ini tidak terjadi selama bertahun-tahun sebelumnya saat masih terdapat Terminal di pusat Kota Ruteng. Keadaan persis mulai berubah ketika Pemerintah Daerah menyulap lokasi terminal tersebut menjadi area perluasan Pasar Ruteng tanpa kemudian ada upaya relokasi ke tempat lain. 
SENIN, 28 September 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Foto            : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...