Bandara Ahmad Yani Semarang akan Memperluas Area Boarding Lounge

SEMARANG — Direncanakan dalam waktu dekat, PT. Angkasa Pura I ( Persero ) Bandara Internasional Ahmad Yani, kota Semarang, Jawa Tengah akan memindahkan area Screening Check Point ( SCP ) untuk barang kabin di bekas lokasi konter airport tax. Sebelumnya area SCP berada di sisi bagian selatan boarding lounge atau ruang tunggu keberangkatan.
” Saat ini Angkasa Pura sedang melakukan proses pergeseran SCP dengan melepas kaca – kaca pembatas, nantinya diharapkan ruangan boarding lounge akan semakin luas,” kata Squad Leader Aviation Security ( Avsec ) Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang, Rusmanto.
Rusmanto menambahkan, dengan adanya perubahan tersebut, diharapkan nantinya para penumpang akan semakin nyaman dan betah sembari menunggu pesawat di dalam runagan boarding. 
Sedangkan Area SCP barang kabin ditempatkan pada pintu masuk boarding lounge, sehingga tidak semua orang bisa dengan leluasa lalu lalang di kawasan tersebut. Hanya penumpang yang memiliki boarding pass yang telah lolos melewati prosedur pemeriksaan barang kabin yang diperbolehkan masuk.
Di bandara Ahmad Yani Semarang, saat ini terdapat dua pintu pemeriksaan penumpang pada area SCP, namun apabila arus penumpang tidak terlalu padat, maka hanya dioperasikan satu pintu saja. Namun apabila penumpangnya membludak, Angkasa Pura akan mengoperasikan dua pintu sekaligus.
Setiap pintu pemeriksaan telah dilengkapi conveyor, mesin X Ray, walkthough dan hand metal detector. Untuk lokasi bekas konter airport tax berada di sisi timur ruang Check In, letaknya sebelum ruang tunggu keberangakatan, lebarnya lokasi tersebut lebih kurang sekitar 10 meter.
Dyah Ayu Kartika Putri, serang penumpang ketika ditemui Cendana News di Bandara Ahmad Yani Semarang menyambut baik rencana tersebut.
” Sebagai salah satu calon penumpang pesawat terbang, saya pribadi menyambut baik rencana perluasan area kawasan ruang tunggu keberangkatan penumpang, khususnya di Bandara Ahmad Yani Semarang ini,” tuturnya.
Menurutnya wajar apabila para penumpang, khususnya pengguna jasa angkutan penerbangan mendapatkan pelayanan terbaik dan jauh lebih layak seperti di bandara – bandara yang berkelas internasional lainnya.
SELASA, 15 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...