Baznas Agam Salurkan Bantuan Rp.200 Juta Pada Muztahik

Bupati serahkan bantuan pada mustahik dalam Pekan Gizi Nasional
AGAM – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Agam, Sumatera Barat kembali salurkan bantuan kepada ratusan mustahik (penerima zakat) yang tersebar di 16 Kecamatan di wilayah itu, salah satunya di Kanagarian Kamang Mudiak.
Kepala Baszas Agam, Isman Imran mengatakan, bantuan ini diberikan kepada 300 penerima dalam bentuk berupa paket dan daging kurban serta bagi 400 orang anak sekolah.
“Dana yang disalurkan berjumlah 200 juta. Dan selama 2015, kita sudah salurkan 6 miliar lebih,” ujarnya, Senin (28/9/2015).
Besaran dana yang diberikan kepada Mustahik atau penerima zakat itu menurut Isman Imran tergantung kebutuhan dari yang menerima.
“Jika mustahik yang ekonominya lemah bisa kita lebihkan. Sedangkan mustahik dalam keadaan sakit akan kita bantu lebih besar pula,’’ lanjutnya.
Sedangkan untuk anak sekolah, juga dibantu tergantung tingkat pendidikannya. Untuk terbawah sekitar 250 ribu, sedangkan tertinggi bisa mencapai tiga juta rupiah.
“Kita akan bantu semua mustahik ini sesuai dengan kebutuhannya dan kemampuan kita” pungkasnya.
Sebelumnya, dalam acara Pekan Gizi Nusantara dan Temu Muzakki Mustahik se Kabupaten Agam, Bupati Agam Indra Catri memberi penghargaan khusus kepada Baznas setempat karena telah banyak melakukan inovasi dalam menyalurkan bantuan kepada masyarakat kurang mampu.
“Tiga tahun terakhir, Baznas telah menunjukkan kepantasannya hingga diakui Nasional. Sekarang kita minta agar semua harus ikhlas berzakat karena lebih penting ikhlas berzakat ketimbang sadar berzakat,’’ ujar Indra.
SENIN, 28 September 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...