Bea Cukai Jayapura Pastikan MZS Membawa 4 KG Sabu

JAYAPURA — Pasca ditangkapnya MZS membawa sabu, pihak pengawasan dan pelayanan Bea dan Cukai Jayapura mengaku barang haram tersebut jenis amphetamines dan methaphetamine (Shabu) dengan berat 4 kilogram. Barang bukti dan tersangka telah diserahkan ke Dit Narkoba Polda Papua untuk ditindaklanjuti.[baca juga: Bawa Shabu 2 KG, Seorang Perempuan Diamankan Aparat]
“Setelah dilakukan  uji barang  bukti dengan menggunakan narcotes dan terbukti barang bukti tersebut adalah  narkotika jenis amphetamines dan methaphetamine dengan berat 4 kilogram,” kata Kepala Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Jayapura, Encep Dudi Ginanjar, Rabu (16/09/2015).
Ginanjar menjelaskan, MZS kedapatan membawa sabu saat dilakukan pemeriksaan di Pos Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya  Pabean C Jayapura Skouw. Saat itu, sekitar pukul 14.10 wwit, petugas   bea cukai, Charles  Stiven Homalio,  Budiharjo dan Jhony Bemey melakukan pemeriksaan gunakan X-Ray.
“Saat petugas membongkar tas berwarna coklat  pada bagian dinding atas  dan bawah tas koper  tersebut dan menemukan butiran kristal  seperti bubuk garam berwarna putih  agak kekuning-kuningan,” tuturnya.
Saat ditanyakan petugas, MZS mengaku berangkat dari Jakarta menuju Manila dan menginap kurang lebih satu bulan. Selanjutnya, MZS kembali ke Indonesia melalui Papua New Guinea dan masuk perbatasan RI-PNG, rencana berangkat kembali ke Jakarta.
Senada dengan keterangan tersangka, sebelumnya Kapolsek Muara Tami, AKP Marten Luter Rona mengaku perempuan tersebut rencananya mau berangkat ke Jakarta melalui penerbangan di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, saat melalui pemeriksaan di pos lintas batas RI-PNG ditangkap karena kedapatan membawa shabu.
RABU, 16 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...