BI Perwakilan dan Polda Jateng Tandatangani Nota Kesepahaman


SEMARANG — Menindaklanjuti erjasama antara Gubernur Bank Indonesia dengan Kapolri beberapa waktu yang lalu di Jakarta, Bank Indonesia Wilayah Perwakilan Jawa Tengah bersama dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah menandatangani pokok – pokok kesepahaman, di Semarang, Selasa (01/09/2015).

Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, Iskandar Simorangkir dalam sambutannya mengatakan, hal tersebut merupakan bentuk sinergi dalam hal penetapan alat pembayaran resmi rupiah di wilayah NKRI.

“Penandatangan yang dilakukan oleh Bank Indonesia dan POLRI merupakan bentuk sinergi khususnya dibilang penegakan hukum dan BI sebagai otoritas sistem pembayaran, mempunyai kewenangan menetapkan alat pembayaran resmi Rupiah di wilayah NKRI, baik transaksi secara tunai maupun transaksi non tunai ” terangnya.

Sementara itu, Kapolda Jawa Tengah, Irjen Pol. Nur Ali dalam pidato singkatnya menegaskan, POLRI dalam hal ini Polda Jawa Tengah, siap mengawal dan mendukung Bank Indonesia.

“POLRI sebagai salah satu institusi penegakan hukum di Indonesia senantiasa akan menjaga komitmen dan kepercayaan yang selama ini diamanatkan oleh Bank Indonesia ” katanya.

Inti dari penandatanganan pokok – pokok kesepahaman yang dilaksanakan kedua belah pihak adalah ” tata cara pelaksanaan kerja sama dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas dan kewenangan kantor perwakilan Bank Indonesia Provinsi Jawa Tengah dengan Kepolisian Daerah Jawa Tengah “.
Penandatanganan pokok – pokok kesepahaman tersebut merupakan kelanjutan dari kerjasama antara Gubernur Bank Indonesia dengan Kapolri beberapa waktu yang lalu di Jakarta. Sedangkan dalam penandatangan kali ini, masing – masing akan dilakukan Iskandar Simorangkir SE. MA. sebagai Kepala Kantor Perwakilan Wilayah Bank Indonesia Jawa Tengah dengan Irjen Pol. Drs. Nur Ali sebagai Kepala Kepolisian Daerah / Kapolda Jawa Tengah.


SELASA, 1 SEPTEMBER 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...