BLK Singosari Siapkan Tenaga Kerja Berkompetensi untuk Hadapi MEA

MALANG — Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), Balai Latihan Kerja (BLK) mulai mempersiapkan tenaga kerja berbasis kompetensi, seperti yang disampaikan kepala UPT Pelatihan Kerja BLK Singosari, di Malang, Senin (07/09/2015).
Hariyadi Budihardjo selaku kepala UPT Pelatihan Kerja BLK Singosari menjelaskan, UPT BLK Singosari, UPT BLK Surabaya maupun UPT BLK yang ada di Kabupaten lain kini tengah mempersiapkan tenaga kerja berbasis kompetensi untuk menghadapi MEA agar bisa bersaing dengan pekerja dari luar.
Pihaknya memberikan pelatihan kompetensi kepada peserta pelatihan selama kurang lebih 240 jam sampai dengan 480 jam tergantung cluster yang akan mereka tempuh.
“Setiap tahunnya kami melatih sekitar 600 orang dan sudah terserap kurang lebih enam puluh persen dari jumlah peserta pelatihan yang sudah lulus,”ucapnya. 
Disebutkan, pihaknya juga akan membentuk forum komunikasi dengan perusahaan-perusahaan untuk mengetahui apa yang mereka butuhkan agar peserta pelatihan yang sudah lulus ini bisa segera diserap.
Selama ini BLK juga sudah mempersiapkan sekitar 240 orang tenaga kerja untuk Suramadu. Karena dengan dibukanya jembatan Suramadu, otomatis akan banyak perusahaan yang tumbuh disana.
“Sehingga paling tidak masyarakat yang ada disana sudah siap dengan hal tersebut, jelasnya.
Selain itu, BLK juga mempunyai pelatihan yang dilakukan di Kecamatan, di desa-desa dimana masyarakatnya banyak membutuhkan pelatihan kerja, pungkasnya di UPT Pelatihan Kerja (BLK) Singosari yang berlokasi di Jalan Raya Kabupaten Malang
SENIN, 7 September 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...