Bupati dan Wabup Manggarai Resmi Lepas Jabatan

FLORES — Kepala Daerah Kabupaten Manggarai resmi melepas jabatan hari ini, Senin (14/09/2015) yang telah habis masa jabatan. Christian Rotok menjabat sebagai bupati dua periode berturut-turut, 2005-2010 dan 2010-2015. sedangkan Kamelus Deno menjabat wakil bupati dan akan ikut dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) dan maju sebagai calon Bupati.
Keduanya menjalankan upacara pelepasan jabatan ini di Kupang, ibukota Propinsi NTT, bersamaan dengan pelantikan Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Manggarai oleh Gubernur NTT, Frans Lebu Raya.
Disampaikan oleh Sekretaris Daerah (Setda) Kabupaten Manggarai, Manseltus Mitak, Bupati dan Wakil Bupati telah berada di Kupang untuk mengikuti upacara tersebut. ” Bupati bersama Wakil Bupati bersama bagian yang mengurus itu telah berada di Kupang hari ini,” ungkap Mitak memberikan konfirmasi kepada Cendana News di ruang kerjanya.
Sebelumnya Deno sendiri telah menginformasikan, masa jabatannya  sebagai Wakil Bupati baru akan berakhir pada Senin (14/09/2015). Deno menyampaikan hal ini menjawabi pertanyaan Cendana News perihal sikap yang diambilnya pasca dinyatakan masuk daftar calon tetap Pemilukada Kabupaten Manggarai tahun ini.
“Prinsip saya, saya masih digaji negara hingga tanggal 14 September. Maka saya jelas tetap jalankan tugas pemerintahan saya sampai sejauh itu,” tuturnya.
Akan tetapi, Rotok dan Deno, kata Mitak, telah secara resmi meninggalkan rumah jabatan masing-masing beberapa hari sebelumnya. “Tanggal 9 kemarin, keduanya sudah kita antar pulang ke rumah pribadi masing-masing. Itu kita sudah lakukan secara resmi untuk Bupati dan Wakil Bupati,” ujar Mitak.
Sementara itu, terkait dengan siapa yang akan menjalankan tugas pemerintahan keduanya kemudian, Gubernur NTT dikabarkan melantik Marius Ardus Jelamu menjadi Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Manggarai. Jeramu sebelumnya memegang jabatan sebagai Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Propinsi NTT.
“Informasi yang saya dengar, Pjs-nya, Marius Jelamu. Kalau SK-nya ‘kan masih di propinsi. Besok kita akan adakan acara penjemputan,” ungkap Mitak.
SENIN, 14 September 2015
Jurnalis       : Fonsi Econg
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...