Cagar Alam Gunung Lokon yang Terbakar Capai 100 Hektar

Kebakaran di gunung Lokon (Ist)
MANADO — Kebakaran yang melanda sejak Rabu lalu hingga saat ini telah menghanguskan lebih dari 100 Hektar (ha) hutan di Cagar Alam Gunung Lokon di Tomohon Sulawesi Utara. Hal ini ditegaskan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut Noldy Liow saat dihubungi Cendana News Pada Sabtu (26/09/2015) siang.
“Kami perkirakan ada 100 ha lebih Cagar Alam di Gunung Lokon terbakar, itu dari hasil pengamatan kami selama berada di Gunung Lokon saat memadamkan api”, tegas Liow Sabtu (26/09/2015).
Selain itu, Kepala BPBD Sulut itu juga mengatakan, sekarang petugas BPBD Tomohon dan Tim SAR Gabungan dari TNI Polri masih berada di Gunung Lokon untuk memadamkan api yang semakin luas, apa lagi Sabtu siang tadi api semakin meluas karena sudah memasuki Empung Gunung Lokon. 
“Sebagian tim pemadam kebakaran dibantu aparat TNI Polri dan warga sudah memadamkan sebagian titik api, terutama yang bisa terjangkau di dekat pemukiman, agar tidak berdampak pada rumah warga, kita berharap hujan bisa segera turun agar api bisa padam”, kata Liow.
Sementara itu, kebakaran hutan lindung yang semakin meluas di kota Tomohon hingga sampai ke Empung Gunung Lokon, mengakibatkan sebagian wilayah Kabupaten kota di Sulut menerima kiriman kabut asap, dan daerah yang paling parah menerima dampak kabut asap selain kota Tomohon dan Manado, yaitu kabupaten Minahasa, dan Kabupaten Minahasa Utara. 
Kabut asap selimuti kota 
SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...