Cegah Abrasi, Korem 043/Gatam Tanam Bakau di Pesisir Pantai Timur

Penanaman Bakau oleh TNI dan Polri
LAMPUNG — Upaya penghijauan di sabuk pengaman pantai dengen melakukan penanaman pohon berupa tanaman bakau dilakukan oleh anggota Korem 043 Garuda Hitam (Gatam) di Pantai Timur Lampung Selatan Provinsi Lampung. Penanaman ratusan pohon bakau yang dilakukan oleh angggota Korem, masyarakat,anggota polisi dari Polsek Penengahan, pemerhati lingkungan serta pramuka tersebut langsung dipimpin oleh Komandan Korem 043/Gatam Kolonel Inf Joko Purwo Putranto.
Pohon bakau yang ditanam di pesisir pantai Desa Tri Dharma Yoga Kecamatan Ketapang Lampung Selatan tersebut menurut Danrem 043/Gatam Kol.Inf. Joko Purwo Putranto merupakan kepedulian anggota TNI untuk menjaga dari bahaya pengikisian bibir pantai oleh terjangan ombak.
“Penanaman Bakau merupakan salah satu kegiatan untuk memperingati HUT TNI ke-70 dan sekaligus bentuk kepedulian TNI akan kelestarian lingkungan khususnya pantai dari bahaya abrasi,”ungkap Kol. Inf Joko Purwanto di pesisir pantai Desa Tri Dharma Yoga, Sabtu (26/9/2015).
Pantai Tridharmayoga yang berada di pesisir Timur Provinsi Lampung tersebut menurut Danrem merupakan salah satu ruas pantai yang menjadi lokasi penanaman pohon Bakau. Ia berharap target ke depan bisa dilakukan penanaman Bakau di pesisir pantai Tri Dharma Yoga sepanjang lebih dari 1 kilometer. Selain berguna untuk penahan ombak, angin diharapkan pohon bakau tersebut bisa menjadi habitat ikan untuk dimanfaatkan oleh warga sekitar.
“Targetnya untuk proses penanaman selanjutnya 1 kilometer sepanjang Desa Tridharma Yoga dengan jarak penanaman dari bibir pantai ke arah laut sekitar 30-40 meter,”ungkapnya.
Penanaman yang melibatkan unsur pemerintah Kabupaten Lampung Selatan, Pramuka, serta masyarakat tersebut dalam tahap pertama ditanam ratusan pohon bakau dan selanjutnya penanaman bakau dalam jumlah banyak akan ditanam sesuai target jarak 1 kilometer.
Ia berharap hutan bakau yang ditanam di pesisir tersebut dapat dijaga
bersama oleh masyarakat sekitar yang tinggal di kawasan pantai. Karena keberadaan hutan bakau sangat penting dalam menjaga ekosistem pensisi pantai. Terutama dalam mengatasi pantai dari gerusan ombak dan angin.
Sebelumnya Komando Distrik Militer (Kodim) 0410 pada Jumat (25/9) juga menggelar penanaman 1.500 pohon bakau di daerah pesisir Bandar Lampung tepatnya di desa Asem Kelurahan Keteguhan.
Dandim 0410 Letkol Infanteri Arie Priyanto Widiatmoko di lokasi penanaman pohon bakau mengatakan bahwa saat ini musim kemarau. Maka dari itu Kodim 0410 berinisiatif melalui karya bakti dibalut dengan penanaman 1.500 pohon bakau ini diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat sekitar.
“Paling utama jika kita tanam pohon bakau ini untuk menahan abrasi, karena dengan kita tanam pohon ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi anak cucu kita nanti,” harapnya.

SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...