Dengan Dukungan Titiek Soeharto, Warga Gunung Kidul Berharap Kehidupan Petani Lebih Sejahtera dan Bermartabat

YOGYAKARTA — Wakil Ketua Komisi IV DPR RI, Siti Hediati Soeharto melakukan peletakan batu pertama pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) di Nglanggeran, Gunung Kidul, Minggu (13/09/2015). Pembangunan tersebut diharapkan mampu mengembangkan pertanian berbasis teknologi yang berujung pada peningkatan kualitas hidup masyarakat, khususnya petani.
Mewakili Bupati, Sekretaris Daerah Kabupaten Gunung Kidul, Martono menyatakan rasa terimakasih terhadap Titiek Soeharto yang telah memperjuangkan nasib petani menuju kehidupan yang lebih sejahtera dan bermartabat.
“Pembangunan TPP Nglanggeran tersebut bisa terwujud berkat dukungan penuh dari Titiek Soeharto, yang telah memperjuangkannya di tingkat pusat. Diharapkan dengan dukungan Titiek Soeharto kehidupan para petani lebih sejahtera dan bermartabat,”sebutnya.
Hal serupa juga disampaikan oleh Kepala Litbang Dinas Pertanian Kabupaten Gunung Kidul, M Syakir. Disebutkan, pembangunan TTP merupakan upaya serius pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui pengembangan dan inovasi di bidang pertanian terpadu berbasis teknologi. 
Menurut Syakir, Gunung Kidul memiliki banyak potensi pertanian yang kini telah mulai dikembangkan, antara lain kebun buah kakao, durian. Sedangkan di bidang peternakan warga setempat telah mengembangkan kambing etawa. 
Karena itu, dengan dibangunya TTP tersebut, pihaknya berharap minat generasi muda untuk menekuni bidang pertanian dan peternakan bisa lebih meningkat. Pun demikian pula dengan kesejahteraan petani dan peternaknya. 
“Bahkan, TPP Nglanggeran ini diharapkan bisa menjadi pusat pelatihan pengembangan teknologi pertanian dan peternakan bagi warga di seluruh DIY”, ujarnya.
Usai berdialog dan menerima berbagai harapan masyarakat, Titiek kemudian didaulat melakukan peletakan batu pertama pembangunan Taman Teknologi Pertanian Nglanggeran yang berada di barat Embung Nglanggeran. Berturut-turut kemudian disambung dengan peletakan batu oleh Sekda Gunung Kidul, Kepal Balitbangtan Dinas Pertanian setempat, Kepala BPTP Yogyakarta, dan perwaklan dari UGM. Sesudah peletakan batu pertama itu, kemudian dilakukan penanaman empat pohon langka secara beruurtuan, yaitu pohon sawo beludur, kepel, mangga grafita merah dan orange. 
Hadir dalam acara Launching Taman Teknologi Pertanian itu, sejumlah tamu undangan di antaranya, perwakilan dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, perwakilan dari Keraton Yogyakarta selaku pemilik tanah, Kepala Balau Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Yogyakarta, Bupati Gunung Kidul yang diwakili oleh Sekda dan Camat Pathuk bereserta muspika setempat.
Usai menghadiri launching pembangunan TTP tersebut, Titiek Soeharto kemudian meluncur ke Tepus Gunungkidul, melakukan agenda kerja Fraksi partai Golongan Karya bersama Caloin Bupati Gunungkidul, Badingah. 

MINGGU, 13 September 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...