Di Ambon, Harga Wortel Melambung, Daging Sapi Berangsur Turun

Pedagang sayur di pasar Mardika Batu Merah
AMBON — Menipisnya pasokan dari petani menyebabkan harga sayuran di Pasar Mardika dan Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku melambung.
Seperti halnya sayur wortel, dari penelusuran Cendana News, Minggu (27/9/2015) didapatkan  harga di Pasar Mardika dan Batu Merah dijual dari Rp 25.000 hingga Rp 30.000 per kg. Sangat berbeda jauh hari-hari besar keagamaan sebelumnya yang hanya mencapai Rp 16.000 per kg.
Salah satu pedagang di Batu Merah, La Ode kepada Cendana News mengatakan, harga wortel naik karena pasokan yang biasanya mereka dapat dari Manado Provinsi Sulawesi Utara berkurang.
“Kalau pasokan lancar biasanya kami jual wortel seharga Rp 16 ribu per kg. Ini berhubung pasokan berkurang juga stok menipis, jadi harganya naik,” ujarnya.
Senada dengan itu pedagang di Pasar Batu Merah Kota Ambon, Djubaeda mengakui, harga wortel naik karena stok sayur yang satu ini biasanya mereka dapat dari luar Ambon.
Sehingga jika pasokan yang masuk berkurang juga berpengaruh kepada stok mereka sehingga sesama pedagang mereka bersepakat untuk menaikan harga wortel.
Namun kenaikan tersebut tidak berlaku bagi daging sapi di Pasar Arumbae Batu merah dan Pasar Mardika kota Ambon. Para pedagang mengaku sedianya Rp.100 ribu per kilogram, namun saat ini mengalami penurunan yaitu Rp.85 ribu per kg.
Salah satu pedagang daging sapi, Bakri kepada Cendana News menyebutkan, jika harga daging sapi naik karena tingginya permintaan saat perayaan hari-hara besar keagamaan misalnya lebaran Idul Adha.
“Selesai lebaran Idul Adha stok dari Pulau Seram dan sekitarnya lancar sehingga harga daging sapi turun menjadi Rp 85 ribu per kilogram,” tutupnya.
Pasar daging di pasar Mardika Batu Merah
MINGGU, 27 September 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...