Dinas Pasar Kota Malang Lakukan Sosialisasi Relokasi Pedagang Pasar Blimbing

MALANG — Tidak hanya pasar Oro-oro Dowo yang akan segera di renovasi. Bekerjasama dengan PT Karya Indah Sukses (KIS), Pemkot Malang juga akan segera merenovasi Pasar Blimbing Malang.
Terkait hal tersebut, ditemui Cendana News saat melakukan Sosialisasi Relokasi pedagang pasar Blimbing, Wahyu Setianto selaku Kepala Dinas Pasar Kota Malang menjelaskan bahwasannya rencana renovasi Pasar Blimbing sudah ada sejak lama, namun karena mendapat penolakan dari beberapa pedagang sehingga rencana tersebut belum juga dilakukan.
Pasti ada pro dan kontra dengan rencana renovasi pasar ini. Tetapi sekarang bisa kita lihat sendiri kondisi pasar yang kumuh dan sudah tidak layak. 
“Ini sudah bukan pasar yang sehat lagi sehingga memang harus segera direnovasi,” tegasnya di Malang, Selasa (15/09/2015).
Minggu lalu kami sudah melakukan pertemuan dengan mengundang Koordinator Pedagang dan juga PT Karya Indah Sukses selaku investor. Hasil dari pertemuan tersebut disepakati bahwa tanggal 23 September 2015 pedagang pasar Blimbing akan direlokasi ke Tempat Penampungan Sementara (TPS) di bekas stadion Blimbing.
“Sambil kita benahi TPS yang nantinya akan digunakan para pedagang, kita juga melakukan sosialisasi melalui pemasangan spanduk, woro-woro dan edaran kepada pedagang pasar Blimbing,”ucapnya.
Menurut Wahyu, rencana renovasi pasar yang akan menghabiskan dana sebesar Rp.300 Miliar nantinya akan dikerjakan selama kurang lebih 1-2 tahun berdasarkan perjanjian pihak Investor dengan Pemkot Malang. Setelah pengerjaan renovasi pasar Blimbing selesai, para pedagang bisa langsung kembali lagi ke pasar ini tanpa dipungut biaya.
Wahyu menjelaskan, menurut rencana di bagian sebelah Timur Pasar Blimbing akan di gunakan untuk pasar tradisional sedangkan di sebelah Barat akan digunakan untuk ruko. Nantinya jumlah pedagang yang akan berjualan di pasar Blimbing juga akan bertambah, dari yang awalnya hanya 2000 pedagang menjadi 2250 orang pedagang.

SELASA, 15 September 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...