Disdik Balikpapan akan Beri Bantuan Dana Rp.8,2 Miliar untuk Sekolah Swasta

Ilustrasi
BALIKPAPAN — Dinas Pendidikan Balikpapan, Kalimantan timur akan memberikan bantuan dana kepada sekolah swasta di Balikpapan, dimana bantuan dana itu sudah dimasukkan dalam anggaran perubahan APBD 2015.
Kepala Dinas Pendidikan Balikpapan Muhaimin menjelaskan, pemberian bantuan ini memberikan semangat kepada orangtua untuk tidak lagi membedakan sekolah swasta dengan negeri karena pemerintah telah memberikan bantuan dana kepada sekolah swasta. 
“Jadi tidak ada lagi beralasan pak uang masuk, uang gedungnya mahal. Nah dengan adanya bantuan ini mereka bisa tersalurkan,” ucapnya, Kamis (3/9/2015).
Saat ini pihaknya tengah sedang  menunggu pengesahan APBD Perubahan 2015 atas persetujuan dana bantuan sosial (hibah) bagi sekolah swasta sebesar Rp.8,2 miliar. 
“Secara prinsip dalam pembahasan sudah disetujui tinggal tunggu pengesahan sekaligus kita lakukan pendataan dan verifikasi jumlah siswa yang masuk ke swasta,” terang Muhaimin.
Pada kesempatan yang sama, Kabid Pendidikan Menegah Disdik kota Ganung Praktikno mengungkapkan melalui tim verifikasi dana hibah dan bansos akan melakukan verifikasi data-data anak sekolah yang masuk ke sekolah swasta dan jumlah sekolah yang menerima bantuan tersebut.
 “Jadi sekolah akan kirimkan data-data anak sekolah itu. Jumlah siswa berapa. Terus di Disdik punya tim verifikasi dana hibah bansos, akan diverifikasi semuanya,” ujarnya.
Verifikasi data ini dimaksudkan agar pemberian bantuan tidak salah sasaran. “Kita tinggal hitung saja kalau satu siswa SLTA mendapat Rp1,5 juta, begitu juga SMP/MTs Rp1 juta. Kita tinggal kalikan jumlah siswa dan sekolah,” tandasnya.
Gadung menyebutkan, jumlah sekolah Swasta di Balikpapan untuk tinggat SLTA terdapat 16 sekolah, dan SMK swasta berjumlah 22 sekolah, sedangkan SMP swasta di Balikpapan berjumlah 48 sekolah. 
“ Jumlah siswa ini prorposional. Kalau dia bisa berikan pelayanan pendidikan lebih baik ototmatis banyak yang kesana. Kayak SMA Kartika dapat 500 siswa, ada juga yang rata-rata dapat 200,” tambahnya.
KAMIS, 3 september 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Koleksi CND
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...