Dongkrak Pendapatan, Pelindo Balikpapan Optimalkan Fungsi Pelabuhan

BALIKPAPAN — Untuk mendongkrak perolehan pendapatan, PT Pelindo IV Balikpapan akan mengoptimalkan fungsi Pelabuhan Semayang Balikpapan. Pasalnya perolehan pendapatan pada akhir semester I/2015 baru mencapai Rp.141 miliar dari target yang dipatok sebesar Rp.355 miliar sampai akhir tahun.
Menurut General Manager PT Pelindo IV Balikpapan M. Subiyan, belum tercapainya target itu karena adanya penurunan jumlah kunjungan kapal yang ditaksir mencapai 35% hingga akhir kuartal II/2015. Turunnya kunjungan kapal ini karena adanya perlambatan ekonomi sejak akhir akhir 2014 sampai kini.
“Jadi kami fokuskan pada optimalisasi pelayanan terminal pelabuhan. Selain itu kami masih mendapatkan pelimpahan fasilitas pemanduan dan penundaan dari pemerintah pusat. Jadi kami tingkatkan juga tenaga pandu, kemarin kami baru menambah kapal tunda,” katanya, Sabtu (19/9/2015).
Subiyan menjelaskan dengan mengoptimalkan fungsi pelayanan terminal pelabuhan maka ditargetkan tahun depan renovasi gedung terminal Pelabuhan Semayang akan dilakukan. Saat ini, kapasitas penumpang yang dapat ditampung di gedung pelabuhan itu mencapai 500 orang. 
“Dengan renovasi pada tahun depan, kapasitas dapat bertambah hingga 800 penumpang,”katanya.
Ia menambahkan pada awal tahu ini aktifitas kapal kargo ditargetkan bisa mencapai 2.249 call, namun sampai dengan akhir kuartal II/2015, realisasi baru mencapai 75%. Realisasi tersebut mencapai aktifitas bongkar muat di Lawe-lawe, Kampung Baru, Grogot, dan dermaga khusus lainnya.
Subiyan berharap dengan optimalisasi fungsi pelabuhan semayang Balikpapan target yang ditentukan dapat tercapai, meskipun kondisi ekonomi melambat dan industri unggulan yakni batu bara lagi anjlok.
SABTU, 19 September 2015
Jurnalis       : Ferry Cahyanti
Foto            : Ferry Cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...