DPR RI Desak Pemerintah Arab Saudi Ungkap Korban Tragedi Mina

Fahri Hamzah
JAKARTA — Ketua Tim Pengawas Haji DPR, Fahri Hamzah mendesak Pemerintah Indonesia untuk selalu berkoordinasi dengan pemerintah Arab Saudi terkait belum ditemukannya 225 jemaah haji yang berasal dari Indonesia.
Menurut Fahri pemerintah Indonesia seharusnya terus berkordinasi dengan semua pihak, terutama pemerintah Arab Saudi dan bekerja secara proaktif untuk menjelaskan posisi keberadaan 225 nama yang dikabarkan hilang dalam tragedi Mina.
“Pemerintah Arab Saudi harus secepatnya ungkap seluruh korban tragedi Mina, baik yang meninggal dunia maupun yang mengalami luka-luka,” ujar Wakil DPR RI dari fraksi PKS dalam rilisnya di Jakarta, Sabtu (26/09/2015).
Selayaknya, kata fahri, pemerintah Saudi segera mengungkap identitas seluruh korban wafat,717 jemaah yang menyertakan nama, negara dan keterangan lain yang relevan serta korban luka yang mencapai 863 jemaah.
“Pemerintah Saudi juga perlu mendata segera jemaah yang terluka serta yang masih berada di rumah sakit atau di tempat penampungan lainnya,” ungkapnya.
Menurutnya yang jelas tidak terlalu sulit untuk mengecek karena sejak awal database yang dimiliki Kementerian Agama cukup lengkap untuk memantau kelompok dan pergerakan kelompok jamaah berdasarkan kloter, KBIH.
Politisi PKS ini menambahkan, pihaknya berharap agar Pemerintah Indonesia secara maksimal menggunakan waktu dan fasilitas yang ada untuk mencari posisi sisa jamaah haji.
Dirinya juga mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berdoa dan berharap jamaah haji Indonesia yang hilang masih hidup.
“Mudah mudahan tidak lagi terjadi penambahan jumlah korban meninggal dunia atau sakit, bagi yang meninggal dunia semoga khusnul khatimah,” tutupnya

SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...