Dubes Saudi Arabia: Proses Investigasi Tragedi Mina Masih Berlangsung

Mustafa bin Ibrahim al Mubarak
JAKARTA — Terkait perihal tragedi di Mina saat puncak haji, pada Kamis (24/09/2015) lalu, Duta Besar Saudi Arabia untuk Indonesia, Mustafa bin Ibrahim al Mubarak belum mau berkomentar banyak, dikarenakan proses penyelidikan belum rampung sehingga informasi yang didapat belum sempurna. 
“Investigasi terkait tragedi di Mina masih berjalan dan seandainya sudah selesai akan langsung diumumkan,” ujar Mustafa di Jakarta, Selasa (29/09/2015) Malam.
Mustafa menyatakan bahwa peristiwa tersebut adalah insiden dan menyedihkan serta memprihatinkan. Kerajaan Arab Saudi telah berusaha sebaiknya baiknya memberikan pelayanan terbaik mereka.
Terkait penanganan yang agak lamban, menurut Mustafa, penyelidikan itu membutuhkan kehati-hatian yang matang.
“Janganlah kita terburu-buru menyimpulkan, sabar kalau belum selesai investigasi saya tidak akan berkomentar apa-apa, sampai saat ini informasi yang telah kami terima belum penuh, investigasi disana masih berjalan, mohon kita tunggu,” katanya.
Selain itu, Penerjemah Kedubes arab Dr. Jamalludin juga menyampaikan penyelidikan tragedi Mina  di Arab Saudi tak akan melibatkan negara mana pun, termasuk negara-negara anggota Organisasi Kerja Sama Islam (OKI).
“Kerajaan Arab saudi sendiri yang menyelidi insiden Itu, tanpa campur tangan organisasi kerja sama islam OKI?,”katanya
Kami dari Pihak kedubes, kata Jamalludin, pun enggan berkomentar banyak terkait penanganan tragedi tersebut karena masih dalam proses investigasi.
Insiden yang memakan korban tewas sebanyak 717 jemaah haji dari penjuru dunia itu disebut sebagai tragedi terburuk dalam 25 tahun terakhir.
Jalan 204, tempat peristiwa terjadi, merupakan terowongan dari Mina ke Jamarat, tempat dimana jemaah melaksanakan ritual melempar jumrah. di Jalan itulah, banyak jemaah haji asal Indonesia menjadi korban.

RABU, 30 September 2015
Jurnalis       : Adista Pattisahusiwa
Foto            : Adista Pattisahusiwa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...