Dugaan Korupsi DKP, Jaksa Periksa Kepala KSOP Kota Ambon

AMBON — Lagi, tim penyidik Kejaksaan Tinggi (Kejati), memeriksa saksi terkait dugaan tindak pidana korupsi anggaran proyek pembuatan kapal ikan fiberglass bobot 15 Gross Ton dan 30 Gtoss Ton milik Dinas Kelautan Dan Perikanan (DKP) Provinsi Maluku, tahun 2013 yang didanai APBN.
Informasi yang dihimpun Cendana News di kantor Kejaksaan Tinggi Maluku Rabu (16/9/201) menyebutkan, saksi berikut yang diperiksa adalah Kepala Kantor Kesyahbandaraan  dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kota Ambon, Fhilps.
Yang bersangkutan diperiksa sekitar pukul 10.00 WIT hingga pukul 15.00 WIT atau selama kima jam oleh jaksa penyidik, Ikrahm Ohoiulum, di ruang Pidsus I Kantor Kejati Maluku.
Kepala KSOP Kota Ambon ini diperiksa terkait status perizinan proyek kapal ikan milik DKP Maluku tersebut.
Menyangkut pemeriksaan Kepala KSOP Kota Ambon itu turut dibenarkan oleh Kepala Seksi Penerangan Hukuum dan Hubungan Masyarakat (Kasi Penkum-Humas) Bobby Kin Palapia, saat dikonfirmasi wartawan di ruang kerjanya, Rabu sore (16/09/2015).
Menurut Bobby, pemeriksaan masih dimaksudkan tim penyidik guna kepentingan pemberkasan lima tersangka di kasus ini.
“Kepala Kantor KSOP Kota Ambon itu diperiksa sebagai saksi untuk lima tersangka di kasus ini” kata Bobby.
Tim penyidik bermaksud melengkapi BAP para tersangka. Sehingga keterangan Kepala KSOP Kota Ambon itu juga sangat dibutuhkan.
Selain itu, lanjut Bobby, sambil menunggu pemeriksaan saksi tim penyidik juga masih berkoordinasi dengan Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Maluku terkait hasil perhitungan kerugian negara dengan berkas berita acara serta alat bukti yang telah di sodorkan penyidik kepada tim Auditor.
“Soal berapa besar kerugian negara di perkara ini, kami masih menunggu hasil audit BPKP,” ujarnya.
RABU, 16 September 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...