Fenomena, Sapi Lahirkan Anak Berkaki Enam di Lampung

Anak sapi berkaki enam
LAMPUNG — Saat sebagian hewan sapi dikurbankan dalam Hari Raya Kurban ini seekor ternak sapi di Desa Sumberagung Kecamatan Sragi Lampung justru melahirkan seekor anak sapi berkaki enam. Sapi berjenis kelamin jantan berkaki enam tersebut lahir pada Rabu malam (23/9/2015) sekitar pukul 22:00 WIB saat masyarakat sekitar sedang mengumandangkan takbir keliling.
Sapi milik salah seorang warga bernama Surono tersebut merupakan satu satunya sapi yang dipelihara sejak tiga tahun lalu. Ia mengaku tidak memiliki firasat jika sapi miliknya akan melahirkan seekor anak sapi sapi berjenis kelamin laki laki dengan memiliki enam kaki. Padahal pada umumnya hewan jenis sapi normal hanya berkaki empat.
“Kalau lihat tanda tanda awal tidak menyangka sapi milik saya ini akan beranak semalam sebelum Idul Adha karena perkiraan baru akan lahir sekitar akhir pekan ini,”ungkap Surono di Sumberagung Kamis (24/9/2015)
Karena dilahirkan dengan kondisi berkaki enam berakibat proses kelahiran sapi tersebut memakan waktu sekitar 3 jam lebih dengan bantuan tetangga sekitar rumah. Proses kelahiran anak sapi tersebut sempat mengalami kesulitan karena Surono sempat menelpon Mantri Hewan namun sedang sibuk sehingga hanya dibantu oleh tetangga tetangga di sekitar rumahnya.
Anak sapi berkaki enam yang saat ini sudah berumur dua hari dan mulai sanggup berdiri tersebut kini menjadi tontonan warga dan sebagian bahkan ada yang memanfaatkan untuk berswa foto dengan sapi unik tersebut. Beberapa bahkan menyempatkan diri melihat sapi berkaki enam tersebut sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban sapi dan kambing yang ada di desa setempat.
Sementara itu Surono mengaku pagi ini ia pun segera mencarikan sapi miliknya tersebut pakan hijauan untuk memulihkan kondisi sang induk dan menyiapkan jerami kering sebagai alas untuk anak sapi berkaki enam miliknya yang saat ini belum mampu berdiri cukup lama.
Surono mengaku baru pertama kalinya memiliki sapi berkaki enam meskipun sudah beberapa tahun memelihara ternak sapi. Kejadian yang dialami oleh sapi miliknya tersebut dianggap sebagai sebuah kejadian aneh yang baru terjadi pertama kalinya di wilayah Kecamatan Sragi.
Sementara itu salah satu warga lain Junaidi yang berprofesi sebagai tenaga kesehatan hewan mengomentari kejadian tersebut bisa terjadi karena kelainan genetis yang terjadi pada masa induk sapi memasuki masa kehamilan.
“Fenomena ini memang langka kadang berkaki lima atau berkaki enam tapi pastinya ada sedikit kelainan genetis terhadap sapi tersebut”ungkapnya.
Ia mengaku untuk tindakan selanjutnya belum dapat dipastikan apakah hewan sapi yang dilahirkan tersebut akan bertahan lama atau tidak sebab dua kaki tambahan berada di bagian punggungnya sementara untuk sapi normal berada di bagian bawah.
Anak sapi berkaki enam menarik perhatian warga

KAMIS, 24 September 2015
Jurnalis       : Henk Widi
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...