Festival Kota Lama Semarang, Arus Lalu Lintas Dialihkan

SEMARANG — Pemerintah kota Semarang akan mengadakan Festival Budaya Kota Lama IV yang dimulai tanggal 19 – 20 September 2015, bertempat di kawasan kota lama Semarang. Festival Kota Lama Semarang tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang diselenggarakan oleh Pemkot Semarang.
Selama penyelenggaran kegiatan festival tersebut, maka mulai hari Sabtu pagi hingga Minggu malam, dari gang – gang kecil hingga jalan besar di sebagian wilayah kawasan kota lama Semarang akan ditutup total oleh pihak kepolisian.
Untuk mendukung acara tersebut, pihak kepolisian dari unit satauan lalu lintas Polsek Semarang Utara telah menutup jalan Suprapto, mulai perempatan jalan Cendrawasih. Tepatnya di depan Satpas SIM Polrestabes Semarang sampai depan Telkom, hingga pertigaan jalan Branjangan, tak terkecuali jalan dan gang – gang kecil di kawasan kota Lama juga akan ditutup.
Kanit Lantas Polsek Semarang Utara, AKP Sofi ketika ditemui Cendana News mengatakan, selama dua hari mulai Sabtu dan Minggu, sebagian kawasan kota lama Semarang akan disterilkan.
“Kami sarankan sebaiknya mencari jalan alternatif lainnya,” tegas Sofi.
Sofi menambahkan, pihak kepolisian telah merekayasa arus lalu lintas sedemikian rupa, jalan Tawang yang biasanya hanya satu arah, sementara akan dibikin dua arah. Kemudian jalan Polder sementara dibikin satu arah dan hanya bisa dilewati mobil berukuran kecil, terangnya.
Untuk memeriahkan Festival Kota Lama, akan diadakan Pasar Sentiling, rencananya dibuka pada hari Sabtu siang pukul 12:00 WIB dan hari Minggu pukul 10:00 WIB. Sabtu pagi terlihat para pekerja sedang sibuk menata dan memasang perlengkapan yang diperlukan di tenda ” stand booth ” mereka masing – masing.
Dari pantauan Cendana News di lapangan, para pengguna kendaraan bermotor dapat melewati jalan alternatif, pertama dari arah timur ke barat depan stasiun Tawang terus ke jalan Pemuda ( kota ) melalui perempatan jalan Cendrawasih hingga jembatan Berok.
Sedangkan jalur alternatif kedua, kendaraan bermotor yang akan menuju ke arah kota bisa melalui jalan Widoharjo, kemudian tinggal lurus saja melewati jalan Dr. Cipto Mangunkusmo ke arah jalan Pemuda ( kota ).
Festival Kota Lama akan dimeriahkan dengan penampilan penyanyi Ruth Sahanaya, kemudian disusul pertunjukan Sendratari, permainan piano dari Prof. Hye Won Jo dari Korea Selatan dan diakhiri dengan pertunjukan dari New Season Orchestra.

SABTU, 19 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...