Gedung B Mapolda Jawa Tengah Habis Dilalap Si Jago Merah

Water Canon dan aparat menembakan air kedalam gedung B Mapolda Jateng
SEMARANG — Kebakaran di Markas Kepolisian Daerah (Mapolda) Jawa Tengah, di Jalan Pahlawan No 1 Kota Semarang pukul 11:00 WIB, menghanguskan isi gedung B. Api dengan cepat membakar habis seluruh lantai gedung sehingga butuh waktu lama untuk memadamkannya.
Gedung B yang terbakar habis, sehari hari dipergunakan untuk ruang Intelejen Keamanan ( Imtelkam ), Aula, ruang Keuangan, ruangan Inspektur Pengawasan Daerah, ruang Personalia dan SDM, ruang Perencanaan dan Pengembangan, ruang Propam Subdirektorat Profesional & Pengamanan dan ruang sel tahanan sementara milik Polda Jawa Tengah.
Pantauan Cendana News di lokasi kebakaran, sebanyak 12 unit PMK dan 2 mobil water canon milik polisi dan mobil milik Badan Penanggulangan Bencana Daerah ( BPBD ) dikerahkan untuk memadamkan api yang merembet dengan cepat menghanguskan seluruh ruangan gedung B.
Sekitar pukul 16:00 WIB, api baru dapat dikuasai sepenuhnya, saat berita ini ditulis, sedang dilakukan pembasahan, agar api tidak merembet kemana – mana, akibat tiupan angin dan faktor cuaca panas. Seluruh unit mobil PMK dan mobil pendukung lainnya, satu per satu sudah ditarik meninggalkan Mapolda Jateng, pertanda kebakaran berhasil dipadamkan.
Humas Polda Jateng, AKBP Kartuti mengatakan, tadi siang saat kejadian, sedang terjadi rapat di Aula gedung B bersama pimpinan Humas dan staf Polda Jateng, begitu mendengar teriakan meinformasikan gedung B kebakaran, semua langsung semburat keluar ruangan menyelamatkan diri masing–masing,” terangnya.
Beberapa saksi mata menambahkan, sampai saat ini penyebab kebakaran masih belum diketahui secara pasti, namun diduga api berasal dari satu ruangan lantai III gedung B Mapolda Jawa Tengah. Namun dalam sekejap ” si jago merah ” dengan cepat membakar habis seluruh bangunan gedung B tersebut, yang tersisa di gedung B hanya atap dan tembok saja.
Letak gedung B tepat berada di belakang gedung A, yaitu tempat ruangan kantor utama Kapolda dan Wakapolda Jawa Tengah, selamat tidak ikut terbakar. Begitu juga di belakang gedung B, terdapat gedung milik Direktorat Lalu Lintas ( Dirlantas ) Polda Jawa Tengah dan Diresnarkoba Polda Jateng, juga selamat tidak ikut terbakar.
Sementara itu, puluhan tahanan yang selama ini meringkuk di sel tahanan salah satu ruangan gedung B Mapolda Jawa Tengah, sesaat setelah kebakaran langsung dipindahkan sementara ke dalam masjid At Taqwa, sekitar komplek Mapolda Jawa Tengah, dengan penjagaan ketat.
Tak berapa lama kemudian, puluhan tahanan tersebut secara bertahap dievakuasi ke Mapolrestabes Semarang, dengan pengawalan sangat ketat. Tampak tangan mereka para tahanan tersebut diborgol satu per satu, kemudian dinaikkan ke dalam truk, dengan pengawalan satu unit mobil sedan patwal dari Dirlantas Polda Jawa Tengah.

RABU, 30 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...