Gempa 4, 6 SR Guncang Saptosari Gunung Kidul DI Yogyakarta

Kasi Data dan Informasi  (BMKG) DIY, Indah Retno Wulan
YOGYAKARTA — Gempa 4, 6 SR yang terpusat di Saptosari Gunung Kidul sempat membuat terkejut warga Yogyakarta. Meski gempa hanya berlangsung beberapa detik, namun hal tersebut memaksa warga keluar dari rumah karena efek gempa menyebabkan kaca bergetar.
Kasi Data dan Informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY, dihubungi via phone mengatakan, pusat gempa berada Info Gempa Mag:4.6 SR, pukul 20:28:54 WIB, Lokasi :7.95 LS:110.52 BT (12 km Barat Laut Gunung Kidul – DIY), Kedalaman:10 Km, dan dapat di rasakan  di Bantul.
Indah menjelaskan, Bantul III-IV MMI itu artinya gempa tersebut getarannya terasa kuat di Bantul dan terlebih bagi warga yang tinggal di sekitar pusat gempa.
Disebutkan, gempa tersebut tidak berpotensi tsunami dan untuk saat ini belum ada laporan kerusakan.
“Jika pun terjadi di dalam laut, gempa itu juga belum tentu menimbulkan tsunami. Sebab, potensi tsunami hanya bisa terjadi ketika gempa berkekuatan minimum 7 SR dan pusat gempa berada di kedalaman lebih dari 10 km,” pungkasnya.
Sementara itu, pantauan Cendana News, mendapati getaran gempa juga dirasakan oleh sebagian warga di Kota Yogyakarta dan bagian barat Kabupaten Sleman.
JUMAT, 25 September 2015
Jurnalis       : Koko Triarko
Foto            : Koko Triarko
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...