Gempa 5,4 SR Guncang Jayapura, Warga Berlarian Keluar Rumah

Situasi salah satu jalan di Jayapura saat gempa terjadi
JAYAPURA — Gempa 5,4 Skala Ricther (SR) yang terpusat di Kabupaten Jayapura membuat puluhan warga di sekitaran Entrop, Kota Jayapura kaget dan berlarian keluar rumah. 
Salah seorang warga Entrop, Caca mengaku saat gempa terjadi dirinya lari keluar rumah. “Gempanya keras, saya takut, terus keluar rumah sambil bawa panci. Tadi saya mau masak nasi, rak piring goyang dan ada beberapa gelas yang jatuh pecah, makanya saya langsung panik lari keluar rumah,” kata Caca, Rabu (30/09/2015).
Kepanikan ini juga dirasakan para pengguna jalan disekitaran kompleks Bumi Cenderawasih (Bucend) II Entrop, Kota Jayapura, Firman menghentikan kendaraan roda empatnya dan keluar mencari tempat aman.
“Saya pikir injak lobang atau benda apa, saya coba hentikan mobil, dan lihat tiang listrik sedikit goyang. Saya langsung turun dari mobil, takut tiang listrik jatuh timpa mobil,” kata Firman.
Dari data yang dirilis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah V Jayapura. Gempa 5,4 SR terjadi sekitar pukul 08.20 WIT di lokasi 2,49 Lintang Selatan (LS) – 140,33 Bujur Timur (BT) dengan kedalaman 10 kilometer, namun tidak berpotensi tsunami.
Kepala Sub Bidang Pelayanan Jasa BMKG wilayah V Jayapura, Zem Irianto Padama mengatakan, gempa darat ini berada di 22 kilometer barat laut Sentani, Kabupaten Jayapura.
“Gempa juga terasa di 75 kilometer barat laut Kabupaten Keerom, 150 killmeter timur laut Kabupaten Yalimo, 43 kilometer barat laut Kota Jayapura dan kecil sekali dirasakan 3745 kilometer Timur Laut Jakarta,” kata Padama.
Hingga saat ini belum didapat laporan kerusakan atau lainnya saat gempa dirasakan di Kota Jayapura, hanya kepanikan warga setempat yang membuat heboh di saat aktifitas pagi sedang padat-padatnya pada lorong-lorong kompleks di sekitaran Entrop, Jayapura Selatan, Kota Jayapura.
RABU, 30 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Indrayadi T Hatta
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...