Gunung Gamalama Ternate Semburkan Abu Vulkanik Tebal

AMBON — Gunung Gamalama Kota Ternate Provinsi Maluku Utara kembali menyemburkan abu vulkanik, sekitar pukul 08.04 WIT (pukul 06.04 WIB), Selasa pagi (08/09/2015).
Salah satu warga Kota Ternate, Mohamad Holle yang dihubungi Cendana News via handphone Selasa (8/9/2015) mengatakan,  semburan abu vulkanik Gamalama terjadi pada pukul 08.04 WIT. Ia menuturkan saat ini warga Kota Ternate yang tinggal dekat dengan Gamalama memang sedang siaga atau ikhtiar untuk mengungsi ke tempat yang aman.
“Sementara ini ada semburan abu vulkanik tebal dan juga tektonik kecil,” ungkap Holle.
Saat ini, lanjut Holle, tim Basarnas Kota Ternate Maluku Utara sedang turun di belakang gunung Gamalama memantau kondisi warga sekitar dan aktivitas semburan vulkanik dari Gamalama.
Sementara itu Dewi warga Kota Ternate yang tinggal di bagian Selatan Kota Ternate saat dihubungi Cendana News via handphone juga menyebutkan, semburan abu vulkanik Gamalama ke arah Utara.
“Warga dalam kota masih aman-aman saja. Yang dekat gunung juga belum mengungsi karena semburan abu vulkanik ke arah utara,” tuturnya.
Ditambahkan kendati ada semburan abu vulkanik dan tektonik kecil, tapi aktivitas warga di Kota Ternate masih berjalan normal.Biasa gejolak Gamalama warga yang berdomisili dekat dengan gunung tersebut jika kondisinya parah, pasti mengungsi ke tempat-tempat aman.
Hal senada juga diakui Kadir Kaplale warga Kota Ternate lain yang dihubungi Cendana News via handphone, Selasa (8/9/2015).
“Iya semburan abu vulkanik ke arah utara atau belakang gunung. Untuk aktivitas warga masih berjalan normal,” tutupnya.
SELASA, 8 September 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...