Gunung Karangetang Sulut Semburkan Awan Panas Setinggi 1.000 Meter

MANADO — Gunung Karangetang, Kabupaten Kepuloan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, Rabu (16/09/2015) siang mengeluarkan awan panas setinggi 1.000 meter dari puncak gunung dan menuju ke pemukiman warga.
Salah satu warga Sitaro Angki Salindeho ketika dihubungi Cendana News mengatakan, sebelum erupsi, Gunung Karangetang di Sitaro sejak pagi pada pukul 06.00 WITA sudah mengeluarkan semburan abu vulkanik beberapa kali, hingga akhirnya saat ini Gunung Karangetang erupsi. 
Menurut Salindeho, peningkatan aktifitas Gunung Karangetang sudah terlihat sejak kemarin, namun warga belum mengetahui jika Gunung Karangetan akan erupsi.
Sementara itu, staf Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro Rony Romansyah ketika dihubungi Cendana News mengatakan, Gunung Karangetan Erupsi sekitar pukul 13.05 WITA, dan saat erupsi mengeluarkan semburan abu vulkanik disertai awan panas ke arah Utara.
”Saya kaget terdengar bunyi gemuruh, dan ketika saya lihat ternyata Gunung Karangetan sudah mengeluarkan awan panas,” ujar Ronny.
Rony juga mengatakan, saat ini status Gunung Karangetang masih status siaga Level III dan pihak BPBD telah menyiapkan tempat untuk melakukan evakuasi terhadap warga, jika Gunung Karangetang mengancam keselamatan warga di Sitaro.
RABU, 16 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...