Gunung Karangetang Sulut Terus Semburkan Abu Vulkanik

MANADO — Pasca Letusan, Gunung Karangetang di Kabupaten Kepuloan Sitaro, Sulawesi Utara pada Rabu (16/09/2015) siang, hingga saat ini terus muntahkan material abu vulkanik.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sitaro, Charlton Bob Wuaten saat dihubungi Cendana News mengatakan, hingga kini Gunung Karangetang masih mengeluarkan material abu vulkanik dari puncak gunung, dengan ketinggian abu vulkanik 100 meter hingga 200 meter ke arah timur pusat kota Sitaro. 
Bob mengatakan, lokasi jatuhnya awan panas meski masuk dalam zona pemukiman warga, namun di lokasi itu sudah tidak ada lagi warga Siau yang tinggal, karena seluruhnya telah diungsikan oleh pihak BPBD. 
“Untung saja jatuhnya awan panas sudah tidak ada warga, di lokasi itu, karena kita telah ungsikan” kata Bob.
Selain itu Bob juga mengatakan, pihak BPBD sudah menghimbau kepada warga di Sitaro untuk tetap waspada jika terjadi letusan susulan yang disertai awan panas, untuk tidak masuk pada zona merah yang dilarang oleh pemerintah dan petugas pos pemantau yaitu pada radius 2,5 kilo meter dari puncak gunung karangetang. 
“Kita sudah menghimbau warga untuk tiak masuk pada radius yang dilarang, agar tidak ada korban saat gunung karangetan erupsi,” tegas Bob.
Bob juga mengatakan hingga saat ini status Gunung Karangetang masih Siaga Level III, dan belum ada penambahan jumlah warga yang diungsikan.
Sementara itu, Gunung Karangetang terakhir meletus pada 7 Mei 2015 lalu, sekitar pukul 14.00 Wita, dan pada saat meletus, Gunung Karangetang memuntahkan lava pijar disertai awan panas. 
Akibat letusan pada 7 Mei 2015 lalu, sebanyak 338 warga yang tinggal di Kelurahan Bebali, Kecamatan Siau Timur diungsikan ke 3 titik, dan hingga saat ini mereka masih bertahan di lokasi pengungsi sambil menunggu pembangunan rumah baru untuk merelokasi warga.
RABU, 16 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...