Gus Ipul: Empat Langkah Strategis Tangani Permasalahan Sampah

Gus Ipul
SURABAYA — Wakil Gubernur Jawa Timur, Syaifullah Yusuf atau yang lebih akrab disapa Gus Ipul, saat ditemui di Surabaya berbicara mengenai masalah sampah.
Menurutnya dalam penangan fenomena tersebut, empat poin yang ditekankan. Diantaranya kebijakan, manajemen, teknologi dan terakhir adalah budaya.
“Yang pertama yaitu policy atau kebijakan dari pemerintah pusat bersinergi dengan pemerintah kabupaten dan kota terhadap penanganan sampah,” terangnya.
Kebijakan yang menjadi landasan utama agar bisa diterapkan dan dilakukan oleh masyarakat, hal ini juga harus didukung dan didorong aktif oleh pemerintah kabupaten dan kota.
Kedua yaitu tentang manajemen pengelolaan sampah. Sebagai contoh yang menonjol di Jawa Timur ada di kota besar seperti Surabaya, Malang.
“Surabaya dan Malang fokus terhadap masalah sampah luar biasa, perlu dijadikan contoh untuk kota-kota lain di Jawa Timur,” jelasnya.
Yang ketiga yaitu tentang teknologi pengolahannya, misalnya sampah diolah menjadi listrik. Atau teknologi sederhana lainnya yang bisa dilakukan dan dimanfaatkan oleh masyarakat sendiri.
“Yang keempat yaitu kultur atau budaya masyarakat mengenai masalah sampah ini,” tandasnya.
Masyarakat harus diajak berpartisipasi aktif dengan cara 3R (Reuse, Reduce, Recycle). Dengan adanya 3R tadi diharapkan mampu mengurangi jumlah sampah di masyarakat.
“Yang menjadi pekerjaan rumah sekarang, masih ada sebanyak 20 persen masyarakat yang tidak peduli dengan sampah. Itu PR khusus buat kita sebagai masyarakat,” tandasnya.

RABU, 30 September 2015
Jurnalis       : Charolin Pebrianti
Foto            : Charolin Pebrianti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...