Hindari Serangan Hama Burung, Petani di Malang Gunakan Jaring

MALANG — Burung sudah sejak lama menjadi musuh bagi petani karena dianggap sebagai hama yang sering merusak tanaman padi milik petani yang bisa menyebabkan kerugian. 
Untuk mengantisipasi serangan hama burung tersebut para petani di Kecamatan Kedungkandang Kota Malang mengakalinya dengan memasang jaring tepat diatas tanaman padi. Hal ini dilakukan untuk menjerat burung yang akan menyerang tanaman padi.
Ngadiono salah satu petani mengaku dibandingkan cara lain, penggunaan jaring dirasa cukup ampuh untuk mengendalikan serangan hama burung, sebab setiap kali gerombolan burung mendatangi tanaman padi, hama penggangu ini bisa langsung terjerat jaring yang dipasang.
“Hama burung sekarang sudah tidak takut lagi dengan orang-orangan sawah atau suara kaleng,” ujarnya kepada Cendana News saat memasang jaring di sawahnya, Rabu, (16/09/2015).
Menurutnya, Hama burung biasanya mulai menyerang tanaman padi saat tanaman padi mulai membentuk bulir atau sekitar umur 70 hari setelah tanam.
Ngadioni sendiri mendapatkan jaring-jaring tersebut dengan cara membelinya di pasar Comboran seharga Rp. 70.000,-.
Ngadiono mengatakan kurang lebih satu minggu lagi padinya sudah bisa di panen sehingga dirinya harus benar-benar menjaga padinya agar tidak diserang hama burung dengan cara memasang jaring secara merata tepat diatas tanaman padi miliknya.
Selain hama burung, hama yang sering menyerang adalah tikus. Untuk mengatasi tikus dirinya biasa menggunakan racun tikus.
RABU, 16 September 2015
Jurnalis       : Agus Nurchaliq
Foto            : Agus Nurchaliq
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...