HUT ke-70, PT KAI Gelar Pameran Lawang Sewu Expo 2015

Bangunan cagar budaya Lawang Sewu di sekitar kawasan Tugu Muda kota Semarang

SEMARANG — Dalam rangka menyambut HUT yang ke 70, PT. Kereta Api Indonesia ( Persero ) akan mengadakan “Lawang Sewu Expo 2015 “. Lawang Sewu sendiri selama ini dikenal sebagai salah satu warisan cagar budaya peninggalan pada masa Pemerintahan Kolonial Belanda, berlokasi dikomplek Tugu Muda, jalan Pemuda, kota Semarang, Jawa Tengah.
Manager Museum Management PT. KAI, Sapto Hartoyo mengatakan, tujuan utama dari penyelenggaraan Lawang Sewu Expo 2015 adalah dalam rangka merayakan puncak HUT ke 70 PT. KAI yang diperingati setiap tanggal 28 September.
Secara nasional untuk tahun ini, Lawang Sewu Semarang dijadikan pusat perayaan. Alasan dipilihnya Lawang Sewu Semarang, karena pada jaman dahulu bangunan tua tersebut merupakan kantor pertama Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij ( Maskapai Perkeretaapian Hindia Belanda ) yang mulai menempati Lawang Sewu awal tahun 1907.
Dengan adanya Lawang Sewu Expo 2015, diharapkan nantinya akan memberikan pengetahuan dan informasi kepada warga masyarakat luas mengenai awal mula sejarah hingga perkembangan kemajuan angkutan perkeretaapian di Indonesia saat ini
Supriyanto menambahkan, adapun beberapa rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, yakni 25 – 27 September, pameran perkeretaapian dengan tema ” transformasi untuk negeri “. 22 September 2015, donor darah serentak di Stasiun Tegal, Stasiun Cepu dan di kantor PT. KAI DAOP IV Semarang. Sedangkan pada hari yang sama juga akan dilaksanakan kegiatan pengobatan gratis di Stasiun Tawang Semarang.
Lawang Sewu Expo 2015 yang dilaksanakan mulai tanggal 26 – 30 September 2015 akan diikuti oleh seluruh anak perusahaan PT. KAI mulai PT. Reska Multi Usaha, PT. Railing, PT. KAI Commuter Jabodetabek, PT. KA Pariwisata dan PT. KA Property.
Rangkaian KA penumpang sedang melintas

MINGGU, 20 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...