Hutan Lindung di Gunung Lokon Sulewesi Utara, Terbakar

Kebakaran hutan di Gunung Lokon
MANADO — Hutan yang berada di pinggang Gunung lokon,  yang terletak di kota Tomohon, Sulawesi Utara, Rabu (23/09/2015) sore terbakar. Salah Satu Warga Kakaskasen yang dihubungi Cendana News di Tomohon Jhon Pae mengatakan, kebakaran mulai terjadi sekitar pukul 17.00 Wita, awalnya api hanya terlihat kecil, namun lama kelamaan api mulai membesar, hingga terus meluas ke sekitar kaki Gunung Lokon yang terdapat perkebunan warga.
Menurut Pae, belum diketahui pasti penyebab kebakaran, namun dari jarak lima kilo meter terlihat jelas api terus melebar dan membakar hutan lindung dan lahan kering sehingga masih sulit dipadamkan. 
“Api sudah terlihat sekitar pukul 17.00 Wita tadi, warga awalnya mengirah guguran lava dari Gunung Lokon, namun setelah diperhatikan ternyata Gunung Lokon terbakar hingga seluruh lahan kering yang berada di kaki Gunung ikut terbakar, sehingga api semakin meluas” ujar Pae rabu sore kepada Cendana News.
Sementara itu Kepala Pos Pemantau Gunung Lokon Farid Bina Ruskanda Kepada Cendana News menegaskan, tim pemadam kebakaran dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tomohon telah mengerahkan mobil pemadam kebakaran untuk memadamkan api di sekitar kaki Gunung Lokon yang sudah hampir mendekati pemukiman warga. 
Kata Farid, tim pemadam kebakaran hanya bisa mamadamkan api yang berada di kaki Gunung Lokon agar tidak meluas dan masuk ke perkampungan warga yang berada di radius 2,5 kilo meter dari puncak Gunung Lokon. 
“saat ini sudah ada tim pemadan kebakaran dari BPBD Tomohon yang berada diatas Gunung Lokon, namun mereka hanya bisa memadamkan api di sekitar kaki Gunung Lokon agar tidak meluas” tegas Farid.
Selain itu Farid menghimbau kepada petugas pemadam kebakaran dari BPBD yang sedang memadamkan api, agar tidak terlalu mendekati Gunung Lokon karena status Gunung Lokon saat ini masih Siaga Level III, sehingga sewaktu-waktu bisa meletus, yang bisa membahayakan petugas pemadam. 
“kita juga menghimbau kepada petugas pemadam dan warga agar tetap berhati-hati karena aktifitas Gunung Lokon masih tinggi yang bisa sewaktu-waktu meletus” ujar Farid Rabu (23/09/2015). 
RABU, 23 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Istimewa
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...