Ikatan Emosional Pemasok dan Pedagang Amankan Stok Oncom di Pasar Paseban

Dayat sedang melayani pembeli oncom di Pasar Paseban
JAKARTA — Ketersedian stok dagangan di pasar – pasar tradisional tidak terlepas dari pasokan yang berkelanjutan. Hal tersebut juga berdampak pada stabilnya harga di pasaran. 
Seperti yang dilakukan oleh para pedagang oncom di Pasar Paseban, Senen, Jakarta. Dalam menjaga pelanggan, mereka menjalin hubungan emosional yang baik dengan para pemasok.
Sebagai pedagang oncom dan tempe yang sudah cukup lama di Pasar Paseban, Dayat pria asal sumedang merasa aman dengan ketersediaan barang dan stabilitas harga yang terjadi selama ini. Itu merupakan buah ikatan yang terbangun selama ini, baik secara emosional maupun perjanjian.
“Pemasok harus bisa membagi pasokannya kepada seluruh pedagang. Tidak ada istilah kehabisan barang atau harga naik karena barang langka, jika seperti itu maka kerjasama yang sudah terjalin selama ini bisa berantakan,”kata Dayat sedikit memaparkan keadaan yang terjadi selama ini kepada Cendana News di Pasar Paseban, Rabu (23/09/2015).
Khusus untuk dagangan jenis oncom, ketersediaan di pasar paseban tetap terjaga dengan baik. Bahkan tiap pedagang menurut pantauan di lokasi rata-rata memiliki stok oncom dua kajang (papan tempat oncom).
Hal ini disebabkan jarak antara pemasok dan pedagang di pasar paseban sangat dekat jaraknya. Para pedagang membeli oncom dari pemasok yang berada di pasar genjing, Jalan Pramuka raya,  Jakarta Timur (tepat didepan shelter busway pasar genjing) yaitu Pabrik Oncom Pak Uci.
Stabilitas harga serta pasokan yang dijaga dengan baik oleh pabrik oncom pak uci terhadap para pelanggannya membuat siapapun pedagang yang sudah berlangganan dengan mereka menjadi pelanggan yang baik dan loyal. 
“Bahkan karena sudah lama berhubungan baik, maka suasana keakraban setiap kali kami berbelanja kesana sudah seperti keluarga,” Dayat menambahkan.
Harapan kedepannya dari para pedagang oncom di pasar paseban adalah hubungan yang harmonis antara mereka dan pemasok oncom yang selama ini terjalin dengan baik dapat terus terjaga. Hal ini adalah penting, mengingat oncom merupakan makanan yang cukup diminati oleh warga kelas menengah kebawah di kota jakarta. 
Oncom
RABU, 23 September 2015
Jurnalis       : Miechell Koagouw
Foto            : Miechell Koagouw
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...