Jumlah Hewan Kurban di Kota Padang Menurun Drastis

Panitia sedang membagi hewan daging kurban
PADANG — Hewan kurban pada Idul Adha 1436 Hijriah untuk kota Padang mengalami penurunan. Dimana pada tahun lalu, terdapat 7000 ekor lebih, sedangkan tahun ini hanya 6.800 hewan kurban.
“Untuk tahun ini, kita mengorbankan 6.800 hewan kurban, dengan rincian, 6.100 sekor sapi, dan 700 ekor kambing, tahun ini jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan tahun lalu yang sampai 7.213 ekor,” ujar Walikota Padang, Mahyeldi usai melaksanakan Sholat Idhul Adha di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Imam Bonjol Kota Padang, Kamis (24/09/2015).
Dari pantauan Cendana News, jumlah hewan kurban di beberapa masjid mengalami penurunan, seperti di Masjid Raya Andalas dan Masjid Raya Ganting.
“Kalau tahun kemarin sampai  25 sapi ekor dengan 175 peserta kurban, untuk tahun ini hanya 19 ekor sapi dengan 133 peserta kurban,” ujar Ali, salah seorang panitia kurban Masjid Raya Andalas pada cendananews.
Ditemui terpisah, Ketua Pengurus Masjid Raya Ganting, Kecamatan Padang Timur, Alsyam mengatakan di masjid tersebut juga terjadi penurunan jumlah kurban dibandingkan tahun 2014 lalu.
“Untuk tahun di Masjid kami hanya ada 10 ekor sapi dan satu ekor kambing, kalau tahun lalu ada 15 ekor sapi dan tiga ekor kambing. Ya berbagai faktor, namun rata-rata jamaah banyak yang dilanda krisis ekonomi,” ujar Alsyam.
KAMIS, 24 September 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...