KA Ekonomi Jogja Solo Purwokerto Resmi Beroperasi

Rangkaian kereta api
SEMARANG — Setelah ditunggu – ditunggu, akhirnya PT. KAI secara resmi telah mengoperasikan rangkaian KA Ekonomi Jogokerto kemarin hari Jumat ( 25 / 9 / 2015 ) yang merupakan kepanjangan dari Jogja – Solo – Purwokerto. Demikian menurut informasi yang diterima Cendana News berdasarkan siaran pers dari PT. KAI DAOP V Puwokerto kemarin.
Acara pemberangkatan KA Joglokerto dilakukan secara simbolis oleh Vice President DAOP V Purwokerto, Safrudiansyah di stasiun Purwokerto, Jawa Tengah, pada sekitar pukul 10:38 WIB. Sedangkan pada peluncuran perdana kemarin, total penumpang yang naik KA Joglokerto dari stasiun Purwokerto tercatat sekitar 106 orang.
Mulai hari ini, Sabtu ( 26 / 9 / 2015 ) dan seterusnya, kereta ini akan berangkat pertama kali dari stasiun Solo Balapan pukul 06:15 WIB, sampai di Stasiun Purwokerto pukul 10:01 WIB. Sebaliknya, pukul 10:35 WIB, kereta berangkat kembali dari Stasiun Purwokerto, kemdian tiba di Stasiun Solo Balapan sekitar pukul 14:45 WIB.
Sedangkan KA Joglokerto terdiri dari satu lokomotif CC 203, tujuh gerbong kereta ekonomi AC, satu gerbong kereta makan dan dilengkapi dengan satu kereta pembangkit listrik. Sementara itu, kereta ini mempunyai kapasitas daya angkut sebanyak 560 orang penumpang sekali jalan.
KA Joglokerto termasuk jenis kereta kelas ekonomi baru buatan PT. INKA ( Industri Kereta Api ) Madiun yang telah dilengkapi dengan pendingin udara ( AC ) dengan konfigurasi tempat duduk 2 + 2. Hal ini jelas berbeda dengan ” ciri khas ” KA yang disubsidi Pemerintah, dimana kebanyakan mempunyai konfigurasi tempat duduk penumpangnya 2 + 3.
Tarif kereta ini normal, artinya tidak termasuk jenis kereta ekonomi yang disubsidi oleh Pemerintah alias Non PSO ( Public Service Obligation ). Tarif batas bawahnya mulai Rp. 50.000 – 70.000, sementara tarif batas atasnya mulai Rp. 100.000 – Rp. 135.000. Sedangkan tarif khusus Rp. 20.000 diberlakukan jurusan jarak pendek, yaitu Kutoarjo – Jogja dan Jogja – Solo.
VP PT. KAI DAOP V Purwokerto, Safrudiansyah mengatakan, KA Joglokerto seminggu yang lalu, secara resmi telah mendapatkan legalitas resmi dari Kementrian Perhubungan, sebagai KA baru dengan jurusan Solo – Jogja – Purwokerto PP.
Safrudiansyah menambahkan, KA Joglokerto mempunyai keunggulan dari sisi efisiensi waktu, jika dibandingkan moda transportasi darat lainnya, kereta ini mampu menempuh jarak Purwokerto – Jogja sekitar tiga jam dan Jogja – Solo sekitar satu jam / sebaliknya, jelasnya.
PT. KAI optimis dengan beroperasinya KA Joglokerto, kedepannya jumlah penumpangnya semakin lama semakin meningkat, dengan demikian diharapkan mampu mengurangi kepadatan lalu lintas di Jawa Tengah – DIY bagian selatan. Rencananya PT. KAI akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi, sejauh mana tingkat keefektifan dan tingkat okupansi penumpangnya.
Ada yang unik, berdasarkan survey yang dilakukan oleh PT. KAI DAOP V Purwokerto, peluncuran kereta ini ternyata dilatarbelakangi keinginan warga masyarakat sekitar Kabupaten Banyumas. Mereka menginginkan adanya kereta baru jurusan Purwokerto – Jogja – Solo / sebaliknya yang beroperasi pagi hari sampai sore hari saja, sehingga tidak tergesa – gesa karena kemalaman, seperti kereta – kereta lainnya yang telah lebih dahulu beroperasi selama ini.
SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Eko Sulestyono
Foto            : Eko Sulestyono
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...