Kabut Asap, Jarak Pandang di Balikpapan Masih Aman

Beberapa orang anak menggunakan masker, hindari dampak kabut asap [ilustrasi]
BALIKPAPAN — Dalam beberapa hari belakangan, Badan Lingkungan Hidup Kota Balikpapan mencatat ada 13 titik panas (hot spot) yang berada di hutan lindung yakni sungai Wain dan Sungai Manggar, namun sudah berhasil dipadamkan oleh tim.
“ Yang terbakar di 13 titik itu sudah dipadamkan oleh tim,” Sekretaris BLH Kota Rosmarini, Selasa (15/09/2015). 
Disebutkan, Pada Akhir Agustus lalu hingga September, telah terjadi kebakaran di dua kawasan yakni Hutan Lindung Sungai Wain dan Manggar yang mengakibatkan sebanyak 32,5 hektar lahan terbakar. 
Ia menjelaskan berdasarkan data satelit yang dikirim BMKG, pada 10-11 September tidak ada hot spot, namun tanggal 13 September ada 1 hot spot diwilayah Balikpapan Timur.  
Namun dia memastikan, jarak pandang karena kabut asap yang yang terjadi masih aman yakni tercatat 2 ribu meter. Sehingga tidak mempengaruhi pengendara.
Di kesempatan yang berbeda terkait kabut asap, Wali kota Balikpapan Rizal Effendi mengatakan, saat ini pemerintah terus melakukan koordinasi dengan daerah lain untuk wilayah Kalimantan Timur.
Upaya yang dilakukan dengan melarang perusahaan maupun warga melakukan pembakaran lahan yang mengakibatkan kabut asap. Selain itu, Ia juga meminta kepada warga menjaga kesehatan dengan menggunakan masker karena asap mengakibatkan ISPA. 
SELASA, 15 September 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...