Kabut Asap Kebakaran Hutan Lindung Gunung Lokon Ganggu Aktifitas Warga

Kabut asap di Manado
MANADO — Kebakaran hutan lindung di Gunung Lokon Tomohon, Sulawesi Utara, yang terjadi sejak Rabu (23/09/2015) sore kemarin, hingga Kamis (24/09/2015) yang masih terjadi mengakibatkan kabut asap menyelimuti dan mengganggu kesehatan sebagian warga Manado dan beberapa daerah lain di Kabupaten Minahasa Selatan dan Minahasa Utara.
Pantauan Cendana News Kamis Siang, masih terlihat jelas kepulan asap dari kebakaran hutan lindung Gunung Lokon mengumpul di udara, dan sebagian terbawah angin ke arah utara Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Minahasa Selatan, serta sebagian terbawah angin ke kota Manado. 
Menurut Novi warga Kelurahan Winangun, Kecamatan Malalayang saat ditemui Cendana News, kabut asap kebakaran hutan lindung Gunung Lokon sejak semalam dan siang ini dirasakan oleh warga, karena menurut Novi, daerah Winangun yang berada di ketinggian, sehingga warga mendapat kiriman kabut asap Gunung Lokon. Novi Berharap kebakaran lahan kering dan hutan lindung di Gunung Lokon cepat teratasi, agar kabut asap bisa terhenti sehingga warga bisa menikmati udara segar, meski masih di musim kemarau. 
“Ini kwa kabut asap kiriman dari Gunung Lokon, torang disini kena diape dampak, jadi kalau tidak pake masker, bisa terserang penyakit ISPA,” kata Novi dengan dialek Manado.
Sementara itu, data yang diperoleh di Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulut, saat ini Hutan Lindung yang terbakar di Gunung Lokon Tomohon sudah mencapai 5 hektar, dan jumlah ini diperkirakan masih akan bertambah, karena hingga saat ini api belum bisa dipadamkan, karena petugas pemadam kebakaran dari BPBD belum berani menjangkau beberapa titik api, karena masuk dalam zona merah di radius 2,5 kilo meter dari puncak Gunung Lokon, yang bisa membahayakan petugas, karena status Gunung Lokon masih tinggi, yang sewaktu-waktu bisa meletus. 
KAMIS, 24 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...