Kabut Asap, Mahasiswa Balikpapan Bagikan Ribuan Masker

BALIKPAPAN — Mahasiswa di Balikpapan secara sukarela membagikan masker kepada pengendara dan pengguna jalan yang berhenti di perempatan rambu-rambu lalu lintas kawasan Balikpapan Baru kota Balikpapan, Jumat (18/09/2015).
“Kabut asap yang makin pekat ini membuat kami tergerak sebagai mahasiswa untuk membagi-bagikan masker ke pengguna jalan. Apalagi asap dipagi hari sangat pekat membuat mata pedih dan sesak,” kata Anton Mahasiswa Stikom Balikpapan.
Menurutnya, masker yang dibagikan itu merupakan hasil dari sumbangan dana yang dikumpulkan di kampus mereka. Sumbangan ini juga dari GMNI dan 3 kampus di Balikpapan diantaranya Stikom, Asmi Airlangga, Akbid.
Anton mengatakan dari dana yang dikumpulkan berhasil membeli ribuan masker dan rencananya dibagikan ke tiga lokasi. Namun untuk satu titik ternyata banyak pengguna jalan yang membutuhkan masker dan habis dalam waktu yang cepat. 
“Rencananya dibagikan ketiga lokasi sebanyak 1.050 masker. Namun karena banyak yang minta jadi cepat habis di satu lokasi,” serunya.
Ia berharap masker yang dibagikan ini dapat bermanfaat bagi pengguna jalan untuk melindung hidungnya dari hirupan langsung asap dan debu.
Sebelumnya, data dati Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) Balikpapan bahwa titik panas di Kalimantan Timur sebanyak 231 titik diantaranya wilayah Kabupaten Kutai Barat, Mahakam Ulu, Penajam Paser Utara hingga Kutai Timur dan Berau. Sementara di Balikpapan ada 13 titik panas tersebar di hutan lindung Sungai Wain dan hutan lindung Das Manggar. 
JUMAT, 18 September 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...