Kampanyekan Peradilan Bersih, Komisi Yudisial Gelar Lomba Karikatur

MATARAM — Ratusan anak – anak dan remaja di Kota Mataram mengkuti lomba peradilan bersih yang diselenggarakan Komisi Yudisial penghubung Nusa Tenggara Barat. Lomba tersebut diselenggarakan KY bekerjasama dengan perkumpulan Ideaksi NTB sekaligus memperingati satu dasawarsa KY didirikan sebagai lembaga yang mengawasi peradilan di Indonesia.
“Melalui lomba karikatur sekarang, kita ingin mendorong sekaligus mengkampanyekan peradilan bersih kepada masyarakat, khususnya kepada anak-anak sebagai generasi penerus bangsa sejak masih usia anak maupun remaja,” kata Kepala penghubung KY NTB, Rido Rosid di Mataram, Minggu (13/9/2015).
Melalui pelaksanaan lomba dengan tema peradilan bersih yang diselenggarakan KY, kata Rido sekarang juga bertujuan agar masyarakat lebih mengenal KY secara lebih luas, mengingat belum semua masyarakat mengenal, fungsi dan peran KY dalam mengawasi lembaga peradilan, khususnya masyarakat kalangan bawah.
Dikatakan, keberadaan KY sebagai lembaga yang melakukan pengawan terhadap lembaga peradilan, mengontrol hakim supaya tidak berbuat diluar tugasnya, tidak bermain dengan dengan kasus. Fungsi dan tugas KY tersebut penting diketahui masyarakat, supaya ketika ada kasus pelanggaran oleh hakim bisa melakukan pengaduan.
“Pengawasan terhadap prilaku hakim dalam menjalankan proses peradilan tidak semua bisa dilakukan KY sendiri, tapi dukungan dan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan terhadap prilaku hakim juga sangat dibutuhkan, dalam upaya mewujudkan peradilan bersih,” ungkapnya.
MINGGU, 13 September 2015
Jurnalis       : Turmuzi
Foto            : Turmuzi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...