Kebakaran Meluas, Tim Gabungan Kesulitan Padamkan Api di Gunung Lokon

Kabut asap menyelimuti daerah di Sulawesi Utara
MANADO — Kebakaran hutan lindung di kota Tomohon Sulawesi Utara terus meluas, hingga siang ini kebakaran sudah sampai ke Empung Gunung Lokon yang berada disebela kanan puncak Gunung. 
Salah satu anggota Tim SAR Gabungan yang berada di lokasi Gunung Lokon saat dihubungi Cendana News pada pukul 14.30 Wita mengatakan, hutan lindung Gunung Lokon yang terbakar kini sudah semakin meluas, hingga mencapai Empung Gunung Lokon, para petugas pemadam kebakaran dan tim SAR gabungan yang membantu memadamkan api hingga kini masih kewalahan, karena titik api sudah semakin meluas. 
“Kami sampai kini masih kesulitan padamkan api, apa lagi kebakaran hutan lindung sudah terus meluas dan saat ini sudah mencapai Empung Gunung Lokon”, ujar Jhon Pae kepada Cendana News, Sabtu (26/09/2015).
Sementara itu, Farid Bina Ruskanda kepala Pos Pemantau Gunung Lokon di Tomohon saat dihubungi Cendan News Sabtu (26/09/2015), membenarkan jika Empung Gunung Lokon kini sudah terbakar. 
Farid mengatakan, jika dari desa Tinoor Tomohon kepulan asap kebakaran Empung Gunung Lokon semakin jelas terlihat, karena sangat dekat dan bisa diamati secara visual oleh mata telanjang, namun kata Farid, nyala api akan semakin terlihat jelas jika waktu sore menjelang malam dan saat malam nanti. 
“Nyala api baru bisa dilihat bahkan difoto setelah lepas sore nanti, karena kondisi gunung gelap sehingga cahaya nyala api semakin terlihat jelas”, katanya.
Farid menambahkan, sejak hutan lindung Gunung Lokon terbakar pada Rabu (23/09/2015) kemarin, petugas pos pemantau dibantu Tim Sar gabungan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tomohon, telah mengevakuasi beberapa alat yang dipasang disekitar Empung Gunung lokon, yang berfungsi untuk mengamati tekanan gempa dan merekam aktifitas dalam perut gunung, sehingga saat ini petugas pos pemantau hanya bisa memantau aktifitas perkembangan Gunung Lokon dari CCTV dan alat khusus yang dipasang di pos pemantau. 
“Kami hanya bisa mengamati dari pos pemantau perkembangan dan akitifitas Gunung Lokon, karena disana sudah ada petugas dari BPBD yang sedang memadamkan api, kita harap mereka tetap waspada, karena status Gunung Lokon masih Siaga Level III”, tegas Farid.
SABTU, 26 September 2015
Jurnalis       : Ishak Kusrant
Foto            : Ishak Kusrant
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...