Keistimewaan Kangkung Lombok

CATATAN JURNALIS—Salah satu jenis kuliner khas Pulau Lombok yang digemari wisatawan lokal maupun mancanegara adalah Plecing Kangkung. Menu berbahan utama sayur kangkung ini merupakan sajian yang sangat mudah diterima oleh semua “lidah”. Plecing kangkung biasanya disajikan bersama dengan kuliner khas Lombok lainnya yaitu Ayam Taliwang. 
Memasak plecing kangkung tidak membutuhkan keterampilan khusus, karena bahan dan cara memasaknya relatif mudah. Menu yang terdiri dari sayur kangkung rebus dan sambal ini nampak sederhana, dan rasanya terlalu berlebihan jika menu ini menjadi menu khas suatu daerah mengingat kangkung ada dimana-mana. 
Keistimewa plecing kangkung Lombok bukan pada bumbunya tetapi pada bahan utamanya yaitu sayur kangkung. Kangkung Lombok memang berbeda dengan kangkung. Kangkung Lombok memiliki batang yang lebih panjang, diameter batangnya pun lebih lebar dan rasanya gurih serta teksturnya lebih lembut dibanding kangkung asal daerah lain. Perbedaan inilah yang menjadikan kangkung Lombok istimewa ketika dijadikan plecing atau menu lainnya.
Kangkung memang salah satu jenis sayuran yang mudah dibudidayakan di semua wilayah di Indonesia tetapi media dan cara tanam yang berbeda, membuahkan hasil yang berbeda pula. Kangkung Lombok ditanam diatas telaga atau sungai yang airnya terus mengalir. 
Cara penanaman seperti ini membuat kangkung bertumbuh dengan menjalar dan mengapung diatas air, ini yang menjadikan kangkung Lombok memiliki tekstur lebih lembut dan batangnya jauh lebih panjang dan lebar, selain itu cara penanaman seperti ini menjadikan kangkung bisa terus segar dalam waktu yang lebih lama seusai dipetik. Secara fisik, kangkung Lombok sangat mudah dikenali, lebih gemuk, hijau segar dan tidak mudah patah.
Keistimewaan lain dari kangkung Lombok adalah jika kangkung asal daerah lain, yang utama dikonsumsi adalah daunnya, kalau kangkung Lombok justru batangnya karena letak istimewa ada pada batangnya. Hal ini dikarenakan proses tumbuh yang menjalar menjadikan daun bukan bagian yang dominan. 
Keistimewaan kangkung Lombok menjadikannya banyak diminati oleh pemilik warung makan atau restoran di luar NTB (Nusa Tenggara Barat), terbukti sampai saat ini kangkung Lombok merupakan salah satu hasil pertanian NTB yang penjualannya hingga ke luar pulau. Pemilik rumah makan di Pulau Bali dan Pulau Jawa banyak yang mendatangkan kangkung Lombok untuk kebutuhan bisnis mereka karena mereka pun mengakui bahwa kangkung Lombok berbeda dengan kangkung pada umumnya. 
Tetapi ketika musim kemarau tiba, area tanam menjadi kering sehingga mempengaruhi hasil panen. Jika hal ini sudah terjadi maka harga kangkung khas Pulau NTB ini menjadi mahal. Sungguh pun demikian, tidak mempengaruhi daya beli karena sesuatu yang istimewa tetap akan diburu. 
Jika ingin berburu kangkung Lombok langsung dari petani, kunjungi lokasi budidaya kangkung yang berada di beberapa daerah, antara lain Gerimak Indah, Narmada Lombok Barat, Kelurahan Pagutan, Pejeruk dan Dasan Agung.
RABU, 23 SEPTEMBER 2015
Penulis : Turmuzi
Editor : Sari Puspita Ayu
Lihat juga...