Kejari Ambon Musnahkan 6 Bendera RMS, Ratusan Ganja dan Puluhan Shabu

AMBON — Kejaksaan Negeri Ambon Selasa (08/09/2015) memusnahkan sejumlah barang bukti perkara pidana umum yang sudah memiliki kekuatan hukum tetap.
Pantauan Cendana News pemusnahan digelar pada pukul 14.20 WIT (12.20 WIB) di halaman Kantor Adhyaksa Ambon Bilangan Rijali Kecamatan Sirimau Kota Ambon dipimpin Kepala Kejaksaan Tinggi Maluku, Robert Ilath disaksikan Kasatreskrim Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, AKP. Teodorus dan bawahannya.
Sejumlah barang bukti yang dimusnahkan masing-masing, 6 helai bendera Republik Maluku Selatan (RMS). Sebanyak 409 paket Ganja, 83 paket shabu shabu, 2 helai Bendera Israel, 1 Helai Bendera PBB, 1 unit mesin foto copy, perangkat komputer serta puluhan buku togel.
Pemusnahan dihadiri oleh utusan Polres Pulau Ambon dan Pulau-pulau Lease, Balai POM Ambon. Pemusnahan sejumlah barang bukti dilakukan dengan cara dibakar di halaman Kantor Kejari Ambon.
Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Ambon Robert Ilath yang diwawancarai sejumlah wartawan yang ikut saat pemusnahan mengatakan, sejumlah barang bukti yang dimusnahkan itu adalah hasil penyitaan sejak Agustus 2014 hingga Agustus 2015.
“Barang bukti berupa bendera RMS, narkoba, ada yang dirampas untuk negara dan ada juga dirampas untuk dimusnahkan. Kalau barang bukti yang  dikembalikan ke pemlik itu sulit,” kata Robert.
Kejari Ambon selaku lembaga penegak hukum, kata Robert, memiliki tanggungjawab untuk mengembalikannya.
“Mengapa pemusnahan harus dilakukan seperti sekarang, hal ini bertujuan agar ada keterbukaan kepada publik,” jelasnya.
SELASA, 8 September 2015
Jurnalis       : Samad Vanath Sallatalohy
Foto            : Samad Vanath Sallatalohy
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...