Kemarau, Air Waduk Manggar Balikpapan Susut 4 Cm Tiap Hari

BALIKPAPAN — Dua bulan hujan tak kunjung datang, musim kemarau mengakibatkan ketinggian waduk Manggar mengalami penyusutan. Bahkan setiap harinya ketinggian waduk Manggar menyusut 4 Cm.
Direktur Teknik PDAM Kota, Anang Fadliansyah memperkirakan, supply air baku waduk Manggar hanya sampai lima bulan ke depan jika tidak turun hujan. “Kondisi tidak ada hujan, ketahanan air di Waduk Manggar itu bertahan sampai 5 bulan. Itu kalau tidak ada hujan. Karena penyusutan air tiap hari 2-4 centimeter,” katanya, Sabtu (12/9/2015).
Meskipun tiap harinya turun, kondisi waduk Manggar masih aman. Anang mengatakan ketinggian permukaan air waduk manggar masih di level 9,27 meter. ” Kita berhenti melayani kalau  ketinggian air hanya level 5 meter. Seperti waktu itu,” tandasnya. Untuk itu, Ia menghimbau masyarakat untuk menghemat penggunaan air sambil berharap turun hujan.
Langkah menghadapi kondisi terburuk yang mungkin terjadi yakni selain melakukan penghematan penggunaan air juga maksimalisasi air sumur dalam. Baik yang sudah operasional maupun tengah proses pengerjaan.
“Seperti di Timur kemarin ada masalah karena intake Tritip disana airnya kering yang ada masuk  justru air laut intrusi. Kita stop dulu yang di jembatan besi haji Raden. Disana kita sempat kehilangan 40 liter perdetik, ” ungkap Anang.
Di wilayah Balikpapan Timur lanjut Anang terdapat 30 sumur dalam. Beberapa diantaranya ada yang tidak operasional karena sumber air habis. Namun beberapa sumur dalam lain mampu dimanfaatkan secara maksimal sehingga dapat menutupi sumur lain.
Di ketahui air waduk Manggar ini menyuplai air bersih yang dikelola oleh PDAM Balikpapan untuk warga Balikpapan, selain mengandalkan air sumur. 
SABTU, 12 September 2015
Jurnalis       : Ferry cahyanti
Foto            : Ferry cahyanti
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...