Kepulangan 448 Jamaah Haji Debarkasi Padang Disambut Tangis Haru

Kedatangan jemaah haji disambut keluarga
PADANG — 448 jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 01 Debarkasi Padang asal Kota Padang mendarat di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatra Barat (Sumbar), pada Selasa (29/9/2015) malam.
Para keluarga yang telah menunggu sejak sore, langsung berlarian saat gerbang asrama haji dibuka. Tangis haru langsung pecah kala para jamaah haji akhirnya bergabung kembali dengan keluarga mereka.
Bagaimana tidak, kabar dari Tanah Suci membungkam tanya, apakah sanak keluarg yang tengah berhaji dalam keadaan sehat atau entah bagaimana kabarnya. Apalagi di tengah sejumlah tragedi yang terjadi di Arab Saudi. Para jamaah haji juga tak henti-hentinya mensyukuri nikmat yang selama ini dirasakan di Tanah Suci.
Sebelum bertemu keluarga mereka, para jamaah haji dikumpulkan dulu di Aula Asrama Haji Padang untuk pemeriksaan kesehatan. Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatra Barat (Kanwil Kemenag Sumbar), Salman K Memed menjelaskan, kloter 01 berangkat dari Jeddah sekira pukul 12.07 WIB dan tiba di BIM pukul 20.40 WIB. Menurutnya, jadwal keberangkatan kloter 01 ini mengalami penundaan (delay) selama dua hingga tiga jam.
“Keterlambatan karena situasi dan kondisi di Bandara Internasional King Abdul Aziz, Jeddah, padat,” ujar Salman saat menyambut para jamaah di Asrama Haji Debarkasi Padang, Selasa (29/9/2015) tengah malam.
Salman bersyukur tidak ada jamaah haji asal Sumatra Barat yang menjadi korban tragedi Mina. Ia juga memperhatikan wajah para jamaah haji kloter 01 juga terlihat sangat cerah dan bersemangat, sama ketika akan berangkat ke Tanah Suci.
“Alhamdulillah, jamaah haji Sumbar tidak ada masalah di Tragedi Mina,” lanjutnya.
Sebelumnya, sebanyak 448 jamaah haji beserta lima petugas kloter 001 Debarkasi Padang asal Kota Padang diperkirakan tiba di Bandara Internasional Minangkabau (BIM), Sumatra Barat (Sumbar), Selasa (29/9) pukul 14.40 WIB.
Jamaah haji Kloter 01 ini, dijadwalkan berangkat pukul 02.10 waktu Arab Saudi dari Bandara Internasional King Abdul Aziz Jeddah. Namun, pihak Maskapai Garuda cabang Padang menuturkan, pemulangan jamaah haji kelompok terbang (Kloter) 01 Debarkasi Padang asal Kota Padang mengalami keterlambatan  (delay) selama enam jam.
Jamaah haji kloter 01 pertama yang pulang berjumlah 443 orang, ditambah lima orang petugas haji. Dari jumlah tersebut, terdapat dua jamaah haji tanazul atau dipulangkan lebih awal. Serta, ada pula satu orang jamaah haji dari kloter 01 yang wafat di Tanah Suci karena sakit.
Jemaah haji tiba di asrama haji Tabing

Anggota keluarga sudah menunggu di pintu gerbang
RABU, 30 September 2015
Jurnalis       : Muslim Abdul Rahmad
Foto            : Muslim Abdul Rahmad
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...