KM Putra Karela Tenggelam di Asmat Papua, 6 ABK Berhasil Selamat

Tim SAR
JAYAPURA — Enam Anak Buah Kapal (ABK) KM Putra Karela berhasil selamat dari insiden kapal bocor. Tim evakuasi telah membawa enam ABK tersebut ke Agats, Kabupaten Asmat. Diduga kapal tersebut menabarak karang, mengakibatkan kebocoran pada badan kapal hingga tenggelam.
Kapal yang diduga membawa Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Avtur tersebut dikabarkan tenggelam pada tanjung diperairan Agats, Asmat, Papua. Kepala Sub Seksi Operasi SAR Mimika, Hendra Salawaney membenarkan insiden tersebut.
“Benar, KM Putra Karela terjadi kebocoran, kapal itu dari merauke tujuan Agats, Asmat. Kurang lebih 20 mil dari Agats,” kata Salaweny kepada Cendana News melalui selulernya, Jumat (26/09/2015).
Enam ABK kapal tersebut, lanjutnya, telah ditemukan tim SAR gabungan dari Agats,  sekitar pukul 19.00 wit, Kamis (24/09/2015) malam. “Ke 6 orang tersebut telah kami evakuasi ke Agats, jam 10 lewat, tadi malam,” ujarnya.
Belum diketahui pasti ukuran kapal tersebut, lanjutnya, diduga kapal tersebut memuat BBM jenis Avtur. “Ukuran kapalnya kami belum dapat informasi, tapi muatannya itu Avtur,” katanya.
Pihaknya lebih mengutamakan mengevakuasi para ABK, yang saat ini semuanya dalam kondisi sehat. “ABK semua dalam keadaan selamat. Tadi kapal itu sudah terendam, kami terima info dek kapal itu sudah dipenuhi air. Intinya, kami upayakan menyelamatkan ABK, kami temukan 6 orang ini, pada lima mil dari titik koordinat yang dilaporkan dari titik awal kapal itu alami kebocoran,” bebernya.
Tim gabungan yang melakukan pencarian dan evakuasi, dikatakan Hendra, antara lain SAR Agats, BPBD, Polair, Dinas Perhubungan, personil dari Pos TNI AL dan masyarakat setempat.
Sebelumnya, Humas SAR Mimika, Muhammad juga membenarkan kejadian tersebut yang terjadi pada malam hari. “Itu kejadiannya di Asmat, sekitar pukul 22.00 WIT kemarin malam. Belum tahu pasti, menurut informasi kapal itu muat Avtur. Setelah menerima berita tadi malam, tim kami langsung berangkat ke lokasi kejadian, di Asmat,” kata Muhammad, Kamis (24/09/2015).
Dari informasi yang diterimanya, kapal KM Putra Karela tersebut mengalami kebocoran dan pihaknya telah mengerahkan tim untuk mencari kapal tersebut. 
“Tadi teman-teman dilapangan sudah melakukan pencarian. Kapal itu mengalami kebocoran dan informasi terakhir tenggelam. Lokasinya itu dikali dan kali itu mengalir kelaut, seperti begitu Pak,” ujarnya.

JUMAT, 25 September 2015
Jurnalis       : Indrayadi T Hatta
Foto            : Henk Widi
Editor         : ME. Bijo Dirajo
Lihat juga...